Skip to main content

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Burung yang satu ini merupakan burung tipe non fikter yang banyak peminatnya baik untuk hiburan dirumah maupun untuk lomba. Burung unik ini mempunyai ciri khas tarung yang mempunyai gaya yang menarik dan dapat memikat empunya, dengan gaya tarung ngentrok sambil membuka sayap dengan suara yang khas juga isian lagu yang super merdu dan irama lagu bermacam-macam.

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Semua cucak ijo sebenarnya hampir sama gaya tarungnya baik dari kalimantan,jember maupun banyuwangi.

Tetapi banyak yang terpaku asal cucak ijo dari banyuwangi, memang cucak ijo banyuwangi burungnya agak besar hijau tua agak pekat dan gaya tarung super ngentrok tetapi sangat sulit untuk mencari setelan supaya burung mau tampil dilomba.

Sebenarnya dilomba ivent besar baik piala raja, malang cup saya banyak melihat sang juara rata-rata bukan dari banyuwangi saja. Kebanyakan cucak ijo kalimantan maupun jember.

Keunggulan cucak ijo ini mudah cari setelan lomba. 

oke saya akan kembali ke topik.

setel waktu lomba ada banyak setelan burung cucak ijo :


1. Setelan dengan mengunakkan kroto (telur rangrang/angkrang).

Dengan setelan ini ada juga yang juara sampai ivent besar.pertama yang harus dilakukan burung sudah tampil dirumah maupun diadu sesama cucak ijo lainnya.

Hal yang perlu dilakukan 7 hari sebelum lomba pagi cucak ijo dikeluarkan dari rumah diangin-anginkan sebentar kemudian kasih jangkrik 2-5 tambahkan kroto 5 biji saja kemudian jemur sebentar 15 menit jangan lupa air minumnya dikasih, kemudian selesai dianginkan pindah ketempat teduh sampai jam 8.00

Kemudian masukkan rumah sambil didenggerin masteran tanpa dikerodang dan air dalam cepok dipenuhi supaya cucak ijo bisa mandi sendiri jangan dipaksakan.

Untuk sore harinya cucak ijo keluarkan rumah kemudian diangin-anginkan kasih jangkrik 2-5 tambahkan lagi kroto 5 biji tunggu bentar sampai jangkrik habis kemudian masukkan lagi, ulangi hal tersebut sampai H-3.

Kemudian mulai H-3 ganti makanan pakai buah pier atau buah kates,hentikan kroto kasih jangkrik aja, lalu pagi selesai dijemur anginkan bentar dan umbar bentar 1 jam saja kemudian masukkan rumah, H-2 sama seperti diatas cuman tidak usah diumbar dan burung tetep dalam rumah dengerin masteran sambil pagi kasih jangkrik 2-5 saja pagi sore, H-1 pagi jangan dikeluarkan tetap dirumah kemudia ganti buah tadi dengan pisang.

Mandi tetap biasa pagi penuhi air cepuk, H lomba pagi keluarkan burung dianginkan sebentar 10 menit kemudian masuk rumah tanpa dijemur dikasih jangkrik 2-5 kemudian kroto 5 biji lalu kerodang berangkat lomba.

Sampai dilapangan jauhkan dari cucak ijo, kemudia sesi lomba kurang 1 jam cucak ijo dibuka jangan sampai dekat dengan cucak ijo kemudian kasih ulat Hongkong 3-5 tunggu sampai bunyi n ngentro kemudian kerodong lagi  dan siap menuju gantangan.

2. Setelan mengunakan ulat kandang.

Sebelumnya burung harian sudah pernah dikasih ulat kandang 1 minggu sekali dan untuk setelan jangkrik pagi 2 sore 2, sebelum lomba H-7 burung tetep pagi jangkrik 2 sore 2, pagi burung keluarkan dari rumah dianginkan sebantar 1 jam diber jangkrik.

Kemudian masukkan rumah degerin masteran dan air dalam cepuk penuhi biar mandi sendiri tanpa kerodong untuk sore hari jam 16.00 kasih jangkrik 2 tanpa dikeluarkan rumah dan air jangan dipenuhi, lakukan hal yang sama sampai H-5 mulai H-6 burung pagi keluarkan dianginkan bentar kasih jangkrik 2 biji kemudian umbar sebentar 1 jam dan selesai umbar masukkan lagi kerumah untuk sore hari tetap dalam rumah kasih jangkrik 2 tanpa kerodong,

H-7 pagi seperti biasa burung keluarkan rumah dianginkan kasih jangkrik 2 biarkan makan dulu 30 menit masukan rumah lagi air dalam cepuk dipenuhi H lomba pagi sebelum dibawa ke lomba burung tidak perlu dikeluarkan kasih jangkrik 2 dan beri ulat kandang 1/4 sendok makan dan air dalam cepuk jangan dipenuhi isi setengah cepuk aja kemudian kerodong berangkat lomba.

Sesampai lapangan agak jauh dari tempat lomba buka sedikit depan aja kemudian kasih jangkrik sampai 7 ekor kalau bisa kerodong tetep buka sedikit , waktu mau pergi kegantangan kerodong dan siap digantang.

Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa jika burung belum tampil lakukan hal yang sama cuma kurangi jangkrik atau kroto maupun ulat kandang sampai ketemu ukuran yang pas.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status