Skip to main content

Mengobati dan Mencegah Penyakit Koksi Ayam Broiler

.
.
Penyakit ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya tetapi kalau tidak segera ditangani dengan jangka lama ayam akan mengalami berak darah dan menimbulkan kematian.

Mengobati dan Mencegah Penyakit Koksi Ayam Broiler

Penyakit koksidiosis menyerang pada semua umur baik pada DOC maupun ayam dewasa, parasit yang menempel pada usus mengakibatkan peradangan dibagian dinding sel usus halus.

Mengobati koksidosis juga sangat sulit untuk sembuh total sebab meskipun agak sembuh berapa hari kemudian timbul koksiodosis lagi katena juga pengaruh pemberian rasum maupun tempat pakan, minum serta liter yang kurang bersih dapat bersarangnya koksidiosis yang menular pada ayam.

Ciri - ciri ayam yang kena koksiodosis :


1. Ayam mengalami lesu

Biasanya ditandai dengan nafsu makan yang berkurang, minumnya lebih besar karena kekurangan cairan akibat berak encer.

2. Ayam lemas.

Penyakit ini menyerang pada usus halus ayam dan segera ditangani melalui tidakan pengobatan maupun juga pencegahan sebelum koksiodosis menyerang.

3. Berak darah.

Dalam keadaan seperti ini ayam sudah kondisi dimana sakit koksi pada ayam sudah sangat parah harus segera ditangani.

4. Berak pakan.

Kebanyakan peternak tidak tau berak pakan teryata terjadinya penyakit koksi dosis segera tangani sebab penyakit ini jika berkelanjutan mengakibatkan pembengkakan fcr menimbulkan kerugian.

5. Berak lencur/lencung.

Berwarna ini berwarna coklat encer, dengan berak ini mengakibatkan bau tidak sedap lama kelamaan ayam disekitar bisa menimbulkan penyakit yang lainnya.

6. Berak putih susu.

Indikasi koksi ini menyebabkan ayam kekurangan cairan  sehingga ayam kebanyakan minum mengakibabkan lambat pertumbuhan.

Penyerangan penyakit ini sebagian besar umur di atas 2 minggu keatas yang lebih parah meskipun diusia mudah juga bisa terserang penyakit parasit koksidiosis.


 Penaggulannya dengan cara memutuskan rantai penyakit mencari penyebabnya penyakit ini, biasanya kualitas rasum yang kurang bagus adanyan jamur pada pakan yang lama mengakibatkan ayam mencret,ketidak seimbangan pencampuran pakan mengakibatkan ayam mengalami koksi.

" Kualitas liter skam kurang diperhatikan misalnya dengan cara tabur skam atau bisa membalik skam supaya kualiter liter tetap terjaga tidak lembab, kualitas kebersih kandang serta tempat makan minum kurang streril mengakibatkan penularan koksi ".

Ayam yang sudah terjangkit koksiodosis segera lakukan penangganan baik melalui herbal maupun obatan dengan cara pengobatan dosis yang tepat juga dengan cara pengobatan berkala.

Pengobatan ayam yang sudah terjangkit koksiodosis melalui herbal dengan menggunakan kunyit,sambiloto,daun jambu.

Atau tumbuhan yang mengandung vitamik K untuk mempercepat terhentinya pendarahan, pengobatan dengan obatan coksi seperti trymicin, amoxilin ,terapy,colamox juga obat lainya yang bisa mengobati penyakit koksidiosis.

Sistem pengobatan lakukan secara berkala misalkan pakai trymicin lakukan pengobatan selama 3 hari pagi dan sore dengan cara masukkan obatan pada air minum.

Kalau masih belum sembuh bisa dengan terapy tambahkan colamox diberikan selama 3 hari, jangan lupa perbaiki kualitas airnya. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai acuan merawat ayam kesayangan.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

Kegunaan DAUN PEPAYA Untuk Ayam Broiler

DMCA.com Protection Status