Skip to main content

Cara Mengurangi Amoniak Kandang Postal Broiler

Amoniak memang sangat sulit dibersihkan secara total tetapi sangat mudah dikurangi sehingga tidak menganggu pertumbuhan ayam. Kadar amoniak yang terlalu tinggi dapat menimbulkan penyakit pernafasan seperti snot, cekrek juga ngorok (CRD komplek).

Cara Mengurangi Amoniak Kandang Postal Broiler

Dengan mengandalkan pengobatan tidak dapat menyembuhkan penyakit tanpa ada perbaikan manajemen kandang yang kadar amoniaknya tinggi serta kelembabnya tinggi.

Untuk itu kandang portal perlu adanya liter yang kering tidak terlalu lembab.

Amonik akan naik saat kondisi skam/liter lembab.


Untuk mengatasi kandang portal perlu perawatan khusus supaya kelembaban liter tetap terjaga normal, yang perlu dilakukan :

1. Bersihkan dulu sebelum kandang chick in Doc.

Dengan cara penyemprotan dinsfektan yang banyak dijual ditoko ternak, kemudian biarkan selama 1 jam supaya kering.

2. Taburi sekam dengan ketebalan 3 cm.

Kemudian atasnya taburi kapur bubuk secukupnya setelah itu taburi lagi skam dengan ketebalan 3 cm jadi total 6 cm, lebih baik tebal dikit juga sangat bagus.

Setelah itu semprot dengan dinsfektan, langkah selanjutnya tunggu 1-2 hari supaya hawa panas dari skam berkurang ,kumudian chick in.

3. Menjaga kualitas skam 

Kualitas skam tetap terjaga maka perlu tindakan setelah chick in, biarkan doc tumbuh berkembang selama 7 hari, setelah 7 hari maka liter /skam perlu dibolak-balik mengunakan alat pengaruk.

Alat penggaruk ini banyak dijual ditoko bangunan,bolak-balik semua skam kemudian setelah selesai semprot spay halus pada skam dengan menggunakan  campuran bahan sebagai berikut : untuk ukuran botol semprot 2 liter bisa dicampurkan probiotik 20 ml, kasih deterjan buat cuci baju yang sebelumnya telah dicairkan dengan air sekitar 250 ml.

Masukkan dinsfektan bayclin maupu dinsfektan lainnya sekitar 1 tutup bayclin kemudian kocok selanjutnya bisa disemprotkan ke skam dengan jarak dekat, lakukan hal yang sama tiap 3 hari sampai ayam panen.

4. Dengan sistem tabur skam.

Teknik ini juga sangat hati-hati karena ayam juga bisa cekrek, langkah yang dilakukan jika skam dirasa sudah lembab amoniak tinggi bisa dilakukan penaburan skam tipis sekitar 2 cm lakukan ini dalam keadaan cuaca dingin seperti pagi hari atau sore.

Kemudian selesai tabur usaha segera semprot dengan disfektan seperti nomer 3 diatas , lakukan tersebut setiap kondisi liter / skam amoniak tinggi atau skam lembab.

Semua mempunyai teknik sendiri setiap peternak semuanya baik tergantung gimana perternak menyikapi serta menerapkan. Semoga artikel ini sebagai wawasan juga bermanfaat.

.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status