Skip to main content

Manfaat Kaporit Buat Ayam Broiler

Ayam broiler atau ayam potong sangat rentan terhadap penyakit, ayam ini memiliki pertumbuhan secara cepat dan suhu tubuhnya juga tinggi.

Manfaat Kaporit Buat Ayam Broiler

Dengan pertumbuhan yanh singkat ini peternak juga harus jeli melihat tingkah laku ayam untuk menentukan apakah ayam dalam kondisi sehat atau malah sebaliknya.

Pemberian obat yang tidak tepat dapat menimbulkan penyakit tambah parah.

Penyakit yang sering terjadi colibacillosis (coli) penyakit ini menyerang dari ayam kecil sampai dewasa, biasanya ini terjadi karena memang penyakit bawaan dari induknya.

Kualitas air yang banyak bakteri coli, bila ayam terserang penyakit coli sulit untuk diobati mesti dipasaran ada obatnya tetapi untuk sembuh secara total sangat sulit.


Sebelum penyakit ini menyerang lebih baik mengenali tanda-tanda ayam terjangkit coli :

1. Ayam tidur berdiri, 

Biasanya ayam tidur dalam keadaan berdiri dengan nafas megap-megap, segera lakukan tindakan menyendirikan ayam dan diobati.

2. Berak ayam mencret seperti susu.

Ini terjadi karena ayam mengalami diare akibat colibacillosis yang menganggu pencernakan ayam.

3. Bulu ayam kusam.

Kondisi seperti ini dapat dipantau melihat ayam tidak seperti ayam sehat cerah dan bersih.

4. Melalui bedah ayam.

Biasanya terdapat selaput putih yang menutup jantung,hati maupun ampla.

"Dengan mengenali tanda-tanda tadi kita dapat mengambil langkah mengobati ayam dengan obat coli ada banyak merk, sebelum semua itu terjadi, lakukan pencegahan sejak dini dengan menggunakan kaporit/klorin yang dapat membunuh bakteri yang ada dalam air dan jangan lupa steril tempat minum dengan disfektan".

   Cara pengunaan kaporit dengan cara dilarutkan ke dalam air misalkan beli kaporit yang pil besar bisa anda larutkan dulu dengan air matang yang dimasukkan ke botol aqua atau pocari sweat bisa juga botol yang lainnya.

Penuhi botol tersebut dan tumbuk kaporit pil tadi kemudian masukkan dalam botol lalu kocok botol sampai kaporit tercampur.

Untuk ukuran yang pernah saya pakai dan aman sampai sekarang,perbandingannya air 16 liter diberi 3 tutup botol.

Kemudian diaduk dan siap digunakkan, ini pencegahan yang aman buat ayam, lakukan hal tersebut sampai ayam panen, dan jangan lupa selalu berdoa.

Dengan artikel ini bisa dijadikan bahan pertimbangan pembaca untuk mengaplikasikan pada ayam kesayangan.semoga bermanfaat.


.
.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status