Skip to main content

Cara Memberi Pakan Ayam Broiler Terbaru

Dengan pemberian pakan yang tepat serta kondisi pakan fresh membuat ayam sehat dan pertumbuhan ayam meningkat.

Selalu menjaga kondisi pakan ayam tidak adanya jamur lebih baik buang sebab bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Cara Memberi Pakan Ayam Broiler Terbaru

"Ayam broiler mempunyai sistem pecernaan yang mudah terjangkit penyakit yang biasa dan pasti itu penyakit koksi, akibatnya fcr membengkak tidak dicerna dengan baik yang berakibat pertumbuhan ayam lambat hal ini sangat sering terjadi".

Kualitas pakan sangat menentukan pertumbuhan ayam broiler, dengan protein cukup pertumbuhan ayam pun secara cepat dapat berkembang.

Ada juga anggapan protein tinggi ayam akan mengalami lumpuh pada saat dewasa, menurut saya pribadi tidak setuju, sebab kualitas pakan bagus tanpa ada penambahan vitamin atau suplemen serta obat -obatan pendukung lainnya pertumbuhan kurang normal.

Tetapi kalau ayam kondisi sakit tidak segera ditangani juga bisa menimbulkan penyakit yang membuat ayam lumpuh dan juga ayam kerdil.

Lakukan pengawasan serta melihat kondisi ayam setiap 2-3 jam sekali, untuk melihat perkembangan ayam sehingga bisa mengambil tindakan secara cepat dan tepat apakah ayam kondisi sehat atau bahkan sakit.

Kontrol tempat pakan maupun minum untuk mengetahui apakan pakan dan minum sudah ada atau kehabisan segera tambahkan dan cuci setiap hari tempat minum.

Ada banyak cara memberi pakan ayam broiler :

1. Memberi pakan 3 x sehari.

Dengan memberi pakan ini ayam mencegah ayam panting /kepanasan waktu siang hari, untuk pemberian pakan ini biasannya diwaktu siang hari pakan ditarik untuk menghindari ayam panting karena suhu panas hal ini juga merupakan tindakan yang tepat, tetapi menurut saya ini kurang cocok karena pakan pada siang hari ditarik mengakibatkan tembolok ayam membesar menimbulkan pembekan fcr.

2. Sitem pemberian pakan full.

Pemberian pakan secara full ini pernah saya praktekan ayam cepat berkembang pesat sampai finish, model perawatan ini sangat mudah dan simple kita tinggal menambah terus tempat pakan tanpa kehabisan dalam wadah pakan, dengan konsekuensi bila ayam sakit segera obati atau pisah.

"Pemberian pakan secara tepat serta dengan protein yang tinggi pertumbuhan ayam cepat berkembang sehingga waktu panen relatif singkat".

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan takut untuk inovasi merawat ayam dengan tepat dan akurat sehingga berat ayam sampai finish sesuai dengan yang kita ingginkan.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

DMCA.com Protection Status