Skip to main content

Cara Menggolah Skam Kandang Broiler 20 Periode

Kandang ayam broiler sangat tepat menggunakan skam/liter baik untuk broding maupun ayam dewasa untuk kandang portal ada juga tipe kandang panggung menggunakan skam hanya saja setelah 15 hari biasannya turun skam (tanpa skam). Semua peternak punya tips dan pengalaman sendiri, seperti hal saya selalu inovasi untuk merawat si putih ini.

Cara Menggolah Skam Kandang Broiler 20 Periode

Perlu adanya tindakan yang tepat dalam menyikapi permasalahan kandang maupun ayam yang terjangkit penyakit, ada peternak dengan sistem broding memggunakan skam baru dan sampai dewasa hanya menabur skam baru atau sistem seset skam hal ini menurut saya pribadi kurang efektif meskipun ada juga yang bagus dengan sistem tabur, tetapi semua ini juga menimbulkan pembengkakan biaya tidak sedikit, apalagi disaat musim hujan pastinya lebih sulit mencari skam.
  
"Hal yang sering didapati harga skam yang semakin mahal didaerah kami 1 sak sekitar Rp 8.500 - Rp 9.500, memang terkadang anggapan peternak ada juga beranggapan bahwa skam baru lebih fresh tanpa penyakit. Tetapi hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang sudah saya alami dan sangat efektif tahan buat saya sehingga pembengkakan biaya pun bisa diminimalkan".

Dengan keadaan skam/liter baru justru ayam sering kena snot ataupun cekrek sebab skam baru keadaan kering akan penggap juga ujung-skam masih lancip sangat berbahaya buat broding DOC, dari faktor ini saya belajar bagaimana menggolah skam tanpa harus beli baru setiap kali broding dan bisa digunakan beberapa kali sampai 20 kalipun bisa ,semua tergantung gimana menggolahnya, dengan belajar proses fermentasi akhirnya semuanya aman saya gunakkan sampai saaat ini.

Dengan sistem beli skam sekali bisa digunakan banyak periade panen, hal ini sangat efektif sekali, inilah caranya menggolah skam tersebut :

1. Sebelum skam ditabur bersihkan kandang dengan disenfektan.

Bisa pakai bayclin atau formalin khusus peternakan. Kandang yang saya gunakkan sistem portal open dan clouse, usahakan penyenprotan ini sampai dinding kandang selesai penyemprotan biarkan 1 hari.2.

2. Tabur skam baru kekandang kemudian ratakan dengan tebal 10 cm.

Memang penaburan skam ini sangat membutuhkan skam banyak sekali tetapi sangat bermanfaat untuk jangka waktu yang lama tanpa setiap kali chick in harus beli baru, ratakan semua sekam.

3. Gembor atau semprot dengan probiotik secara merata.

Untuk probiotik sangat banyak merk, gunakan yang murah aja,em4. Kemudian bolak-balik dan semprot lagi selama 3 kali(setiap dibalik harus disemprot pakai probiotik dan selesai biarkan 1 hari ,kemudian sebelum H-1 chick in semprot dengan spray halus mengunakan formalin atau bayclin pilih salah satu dan selanjutnya alasi koran dan semprot halus dinsfektan dan tunggu 2 jam siap chick in.

Cara Menggolah Skam Kandang Broiler 20 Periode

4. Setelah ayam umur 10 hari bolak-balik skam menggunakan garuk padi.

Atau bisa garuk yang lain kemudian Semprot dengan dinfektan dengan cara semprot secara merata mengunakan penyemprot spray halus dekat dengan skam supaya tidak kena ayam, lakukan ini setiap hari sampai panen.

cara membuat dinsfekten sebenarnya rahasia tetapi saya akan saya bedah di hobbykece, campurannya antara lain :

- mengunakan air sabun buat cuci pakain secukupnya lalu campur air kemudian masukkan ke dalam botol penyemprot 1/4 (botol semprot).

- masukkan dinsfektan formalin atau bayclin 1 tutup aja, pilih salah satu.

- masukan probiotik 1 tutup aja, kemudian tambahkan air pada botol penyemprot sampai agak penuh dan siap digunakan ( ini buat semprot setiap selesai balik skam.

5. Setelah ayam panen (habis) maka segera olah sekam /liter dengan cara dibolak -balik.

Kemudian gembor lagi atau semprot dengan probiotik saja. Penyemprotan dilakukan selesai balik skam , lakukan hal yang sama sampai 3 kali, kemudian tutup skam menggunakan plastik (kandang open) atau bisa juga menutup semua ruangan(untuk kandang clouse) tujuannya penutupan selama 3 hari biar terjadi fermentasi dan akibat panas kuman dalam liter mati dan skam kering, setelah itu buka penutup plastik atau buka semua pintu biar udara masuk dan biarkan selama 2 hari kemudian bisa digunakkan lagi, sebelum chick in lakukan penyemprotan diafektan seperti diatas.

   Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa sebagai acuan, hal ini sudah saya praktekan dan saya pakai sampai saat ini, alhamdulah ayam aman dan sehat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status