Skip to main content

Cara Ternak Ayam Broiler Tanpa Lalat

.
.
Lalat memang menjadi momok buat peternak ayam yang penyebarannya tidak bisa dikendalikan, apalagi saat musim hujan pasti lalat banyak hinggap di kandang broiler, lalat ini sehari aja bisa bertelor ratusan bahkan ribuan, banyak sekali peternak mengeluh dan binggung mengatasi lalat dalam kandang terutama Kandang postal.




 Dampak yang terjadi apabila banyak lalat tentu penyebaran penyakit pada ayam semakin sulit dikendalikan, dengan ini peternak juga jarang tahu telur lalat biasanya hinggap dalam kotoran ayam maupun sekam, keadaan ini bisa terjadi karena skam dalam keadaan becek maupun kelembaban tinggi sehingga lalat mudah untuk bersarang.

Biasanya skam cepat lembab karena ayam berak encer sehingga sekam cepat basah, penyebab utamanya ayam sakit koksi maupun stres ayam jadi berak cair, ini biasanya terjadinya berak cair karena ayam kepanasan akibat suhu tinggi waktu siang hari antara jam 11.00- 14.00 kelembaban kandang juga naik ayam panting,megap-megap dan segera lakukan penanganan seperti pemberian kipas.

"Yang saya bahas disini khusus kandang postal bukan kandang panggung, untuk kandang panggung mungkin peternak bisa berinovasi sendiri, tetapi intinya adalah masalah kelemban kandang selalu terjaga dan kondisi kering dan juga amoniak seminim mungkin sehingga lalat tidak hinggap dalam kandang".

Sebenarnya penyakit ayam broiler karena lewat lalat yang dibawa terbang masuk dalam kandang, sehingga segera tangani kandang dengan semprot dinsfektan secara rutin, meskipun ayam kita obati tetapi sumbernya tidak dibasmi maka pengaruh pengobatannya sangat kecil.

Mengatasi lalat khususnya kandang postal sebenarnya mudah cuma kadang sulit untuk menjalani karena kecapekan ataupun lagi kita malas dan menyepelekan penangganan ringan, cara penangganan supaya lalat tidak hinggap dalam kandang ayam portal :

1. Sebelum tabur skam bisa semprot kandang dengan dinsfektan.

(ini sudah saya bahas dalam artikel saya sebelumnya cara mengolah skam) tetapi di sini saya akan bahas intinya aja.

2. Tabur skam ketinggian 10 cm.

Lakukan penaburan secara bertahap 5 cm pertama jangan lupa pakai masker bertujuan agar debu tidak terhirup kita.

3. Dengan menabur kapur bubuk .

Ini bisa dilakukan setelah skam tadi yang tabur pertama atasnya taburi kapur bubuk tipis aja secara merata kemudian baru sekam ditambah lagi hingga total ketinggian 10 cm.

4. Aduk-aduk skam kemudian semprot.

Usahakan sebelum chick in lakukan pengadukan dengan cara dibolak-balik skam keseluruhan kemudian seprot dengan dinsfektan dan probiotik, lakukan hal ini selama 3 kali.

5. Waktu ayam sudah ada dalam kandang.

Selalu jaga liter dalam keadaan kering atau kelembaban sekitar 65 % kebawah, lakukan pengadukan / dibolak-balik setiap hari  kemudian semprot lagi seperti artikel saya sebelumnya, lakukan ini setelah ayam umur 8 keatas sampai ayam panen.

   Dengan cara ini sudah saya terapkan pada kandang portal open maupun close alhamdulilah lalatpun sama skali tidak ada, semoga artikel ini bermanfaat dan selalu sabar juga kosisten dalam berinovasi mencari ilmu.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

5 TANDA AYAM BROILER TERKENA COLIBACILLOSIS ( E-COLI)

DMCA.com Protection Status