Skip to main content

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Potong

Cacing tanah sangat mempunyai protein yang tinggi sekitar 76%, sangat berguna sekali buat mengobati penyakit ayam juga menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Potong

"Dalam pengobatan ayam sangat bagus untuk menciptakan obat-obatan dari herbal yang mempunyai dampak dan resiko kecil pada ayam sehingga digunakan jangka panjang aman". 

Cacing mempunyai bererapa macam jenis :
- lumbricus terristris
- esenia andrei
- perionyx
- eudrilus engeniae
- Dan masih banyak jenis yang lainnya.

Fungsi dan kegunaan cacing buat ayam potong sangat banyak kegunaanya :

1. Sebagai obat penenang

Ayam mempunyai daya strees yang tinggi khususnya ayam broiler, sehingga perlu menciptakan suasana serta kenyamanan dan sirkulasi pada kandang, ayam yang stress bisa mengakibatkan kematian, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya penanggan secepatnya dengan menggunakan cacing dapat berguna menenangkan sistem syarafnya.

2. Mengatasi diare atau koksi

Dalam peternakan ayam bukan hal yang asing lagi dengan koksi yang menyerang ayam sampai dewasa, hal ini mempunyai dampak penurunan berat badan yang merugikan peternak, dengan mengunakkan cacing tanah ternyata dapat mengurangi dan menyembuhkan penyakit diare maupun koksi.

3. Mengurangi suhu panas ayam

Dengan suhu tinggi khususnya siang hari ayam mulai suhu tubuhnya meningkat mengakibatkan ayam kejang dan mati, dengan panas suhu tubunya segera lakukan tindakan dengan cacing tanah ternyata bisa menurunkan panas dalam tubuh.

4. Kekebalan tubuh

Sistem pemeliharaan ayam relatif singkat ini mempunya banyak kendala dalam organ - organ ayam, tanpa pembentukan anti body ayam sejak kecil maka kelak ayam dewasa sering sakit dan sulit untuk mengobatinya.

Hal ini perlu perawatan ayam dengan menggunakan obatan alami yang mempunyai dampak resiko ringan, akan tetapi juga perlu obatan dari pabrik untuk mengimbangi obatan herbal. Dengan cacing dapat membentuk anti body. 

5. Pertumbuhan ayam

Sistem pertumbuhan ayam broiler ini sangat rentan terhadap rasum/pakan yang sudah jamuran sehingga ayam sakit dan pertumbuhan ayam lambat, cacing mempunyai antiseptik untuk membunuh bakteri pada ayam sehingga kesehatan ayam tetap terjaga.

CARA MEMBUAT RAMUAN BUAT AYAM DARI CACING TANAH :

a. Siapkan probiotik yang sudah jadi

b. Bersihkan cacing dan kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau ditumbuk halus.

c. Masukkan cacing halus ke dalam probiotik kumudian aduk-aduk dan tutup rapat ( gunakan setelah 7 hari) supaya terjadi fermentasi.

Cara pemberian pada ayam dengan mencampurkan pada air minum ayam 2 hari sekali ukuran tiap 24 liter air diberi probiotik tadi cukup 1 tutup probiotik (lakukan ini sampai ayam dewasa ).
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status