Skip to main content

Manfaat Kipas Buat Ayam Broiler Kepanasan

Kita tidak asing lagi dengan nama ayam broiler (potong) ayam ini sunguh sangat enak dagingnya disamping itu relatif singkat dalam memeliharanya, dengan kondisi ini ayampun mempunyai kelemahan dalam merawatnya disamping sulit juga masalah rasum dan juga obat-obatan yang semakin naik setiap tahunnya dengan demikian peternak diharapkan lebih kreatif dalam merawat si putih ini.

Dengan memanfaatkan manajemen kandang, memilih doc yang bagus juga obatan herbal yang mendukung tetapi juga tidak lepas dari pada obatan pabrik juga vaksin ayam secara tepat.

Manfaat Kipas Buat Ayam Broiler Kepanasan

"Mengatasi hal tersebut peternak juga perlu kesabaran semisal dikala tahun 2015 harga ayam anjlok dikisaran hara 15 ribu, peternak sulit untuk memperoleh hasil bahkan peternak banyak yang beralih usaha, dengan kondisi seperti ini banyaknya faktor serta kendala peternak sehingga merugi, seperti perawatan yang tidak tepat menyebabkan ayam juga mengalamin penurunan bobot juga pertumbuhan ayam lambat".

 Seperti kita tahu penyakit ayam begitu bermacam-macam gejala serta cara mengatasinya, kemudian kita harus jeli melihat tingkah laku ayam untuk menyimpulkan ayam apakah kondisi sehat atau tidak, seperti pada suhu serta cuaca di bulan ini yang sangat ektrim siang panas kalu malam dingin istilah orang jawa bediding, hal seperti ini banyaknya penyakit yang ditimbulkan jadi peternak harus segera mengambil tindakan gimana cara mengatasi hal tersebut.

 Kembali ke topik pembahasan penulis tentang kipas, dengan adannya kipas ini peternak juga diberikan solusi untuk mengatasi peenting (kepanasan) pada ayam, kita tahu ayam broiler atau ayam yang lainnya tidak mempunyai kelenjar keringat sehingga ayampun tidak bisa melepas suhu dalam tubunya sehingga suhu tubuh ayam panas, gejala yang dapat ditimbulkan :

1. Ayam megap-megap.

karena suhu yang berlebih pada ayam disaat siang hari dengan suhu mencapai 34 derajat akan melepaskan suhu tubuh melalui mulutnya, lama kelamaan ayam bisa radang tenggorokan bahkan sampai mati.

2. Ayam kejang. 

Hal seperti ini sangat sering terjadi akibat suhu panas berlebih ini ayam akan kenjang karena suhu badan meningkat yang akan berakibat fatal pada ayam.

3. Kelumpuhan.

Dengan cuaca panas berlebih ayam biasanya akan berjalan ngesot atau ndeprok sambil jalan bahkan ada juga yang sampai tidak bisa jalan.

4. Ayam mencret.

Hal ini sering terjadi ayam akan stress dikala cuaca panas yang berakibat ayam kekurangan cairan dan lemas.

5. Dihidrasi.

Dengan ciri-ciri ayam akan banyak minum dengan kebanyakan minum pertumbuhan ayampun berkurang sehingga bobot jadi turun kalau hal seperti ini tidak segera di atasi maka ayam akan kerdil juga bobot dibawah standart.

Semua hal seperti ini peternak harus segera mendapatkan solusi dengan memberi kipas angin dengan daya sembur yang kencang, kadang peternak ada yang masih takut, bila diberi kipas ayam masuk angin, hal seperti ini anggapan yang salah karen ayam tidak punya kelenjar keringat.

Tetapi semua ini juga disesuaikan dengan kondisi ayam jika kondisi dingin ayam tidak perlu mengunakan kipas cukup dengan pengaturan sirkulasi seperti buka tutup tirai, kipas ini sangat bermanfaat kalau cuaca panas juga kondisi ayam penggap akibat amonik dalam kandang tinggi segera beri kipas yang kecepatan semburan disesuaikan dengan melihat juga kondisi ayam. 

Pemberian kipas sangat dianjurkan, pengalaman saya terjun didunia ternak memang baru pemula tetapi saya pernah mempraktekan sendiri dengan kapasitas ayam meski cuman 400 ekor ayam, saya memakai kipas besar 3 buah untuk mengatur suhu kandang apabila keaadaan panas ektrim kipas say nyalakan dengan rpm tinggi dan apabila cuaca dinggin rpm kipas saya kecilkan hanya untuk mengatur sirkulasi kandanga ayam saja.

   Sekian artikel yang saya tulis, pembaca bisa melihat artikel saya yang lain dan semoga bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status