Skip to main content

Setelan Burung Kenari Tampil Ngedur Waktu Lomba

Burung kenari termasuk burung yang sangat banyak peminatnya baik untuk lomba atau sebagai ocehan di rumah, meskipun tidak seramai burung lainnya.

Setelan Burung Kenari Tampil Ngedur Waktu Lomba

Burung dengan gaya kicau unik durasi panjang dan dengan gaya kepala gela-gelo juga nagen saat lomba burung ini sangat mudah merawatnya tetapi sulit untuk bisa tampil waktu lomba.

Sekarang sudah banyak burung kenari berkualitas seperti F1, F2 ataupun Yokser tetapi untuk suara yang keras tetap kenari lokal, kenari lokal juga punya kelemahan dengan durasi panjang beda sama dengan jenis yorksher atau F2 Durasi panjang tetapi sangat sulit membuat suaranya keras.

Masing-masing punya sisi kelebihan dan kekurangan.

Saya pernah melihat lomba besar seperti malang cup kebanyakan yang nangkring di lomba jenis F2 Dan yorksher dengan durasi panjang dan mental tarung yang bagus.

Untuk setelan kenari setiap pawang punya tips dan triks sendiri yang jarang dipublikasikan.

membuat kenari siap lomba harus betul-betul perawatan di rumah sudah dikondisikan .
Untuk setelan harian :

1. Penjemuran
Lakukan penjemuran mulai jam 7.00 - 9.00 dan selalu sediakan makan juga minum.

2. Mandi 
Untuk mandi tergantung kebiasaan burung, ada yang menggunakan spray halus dan bisa menggunakan cepuk, kalau mandi biasakan waktu sebelum menjemur mandikan burung denga sprot embun sampai basah.

3. Pemberian makanan
Dapat dilakukan perawatan harian beri milet yang biasa aja sebab kalau penambahan biji kwaci atau penambah birahi lainnya maka burung terlalu birahi sulit tampil waktu lomba.sesekali dalam seminggu beri telur puyuh.

4. Kasih buah timun 
Pemberian timun seminggu sekali waktu sore hari sambil burung dikerodong

5. Materi burung
Waktu yang tepat dilakukan pada malam hari waktu burung istirahat sambil mendengarkan suara masteran durasi panjang.

Menjelang Lomba :
H-3 turunkan birahi burung dengan timun sampai malam makanan kasih milet biasa aja dan kerodong, H-2 tambahkan biji matahari 5 buah aja pagi 5 sore 5 dan semprot embun waktu malam hari kemudian kerodong, H-1 kasih telur puyuh malam hari untuk siang milet biasa aja, untuk hari H dilapangan kasih lagi buah timun sampai mau naik gantangan.

Jika sudah tampil lakukan setelan yang sama waktu lomba dan jika belum tampil terlalu birahi atau kurang birahi bisa mengurangi biji mataharinya juga bisa menambahi.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

DMCA.com Protection Status