Skip to main content

Usaha Budidaya Ikan Gurami Konsumsi

Ikan gurami merupakan golongan ikan tawar yang gurih dan enak. Banyak sekali peminatnya ikan ini mulai untuk makanan dirumah atau untuk sajian makanan waktu pesta maupun acara keluarga , menu makanan ikan gurami jadi favorit.

Usaha Budidaya Ikan Gurami Konsumsi

"Dengan seiring perkembangan ikan ini mulai di budidayakan dengan membuat kolam-kolam".

Selain itu budidaya gurami juga sangat menghasilkan yang sekarang ini harga gurami kering kisaran Rp 27.000 / kg untuk harga basah Rp 31.000 /kg, untuk wilayah jawa timur. Dengan harga seperti ini tentu petani punya keuntungan yang lumayan.

Usaha Budidaya Ikan Gurami Konsumsi

Cara budidaya ikan gurami sangat mudah dan simpel :

1. Misalkan kolam ukuran 5m x 6m dan kedalaman 1,25 m bisa diisi jumlah gurami 850 ekor.

2. Bibit tabur usia 6 bln atau sekitar beasaran korek/silet. Harga kisaran Rp 1000 -1500.

3. Pakan yang digunakan ikan gurami baru mulai tabur beri sentrat F999 selama 1 bulan, bulan ke 2 sentrat ganti phokpan 781-1 atau yang lainnya sampai 6 bulan selanjutnya massa panen kurang 3 bulan ganti sentrat dengan 781-3 butiran agak besar.

4. Pembersihan kolam lakukan 1 bulan sekali dengan cara disedot dasar kolom dibuat kotorannya menggunakan selang, sambil kolam dialiri air besih.

5. Vitamin untuk ikan gunakan probiotik perikanan ada banyak merk di toko silahkan pilih salah satu. Cara pemberiannya campurkan kedalam pakan dan tabur ke dalam kolam (aturan pemakain ada dibotol probiotik

Kendala yang sering terjadi ikan mabuk, sayap bengkak, mata bengkak, ikan sering nampak dipermukaan.
Cara mengatasi hal -hal tersebut :

a. Ikan mabuk 
ini biasa terjadi karena air belum siap /masih baru, harus dibiarkan air selama 1 minggu sebelum benih ditabur dan faktor terlalu panas suhu air.

b. Sayap bengkak (borok) 
Hal ini terjadi karena kondisi air kurang bagus juga pakan terlalu tinggi protein. Langkah yang perlu dilakukan bersihkan kotoran didasar kolam dengan disedot kemudian untuk pakan campurkan probiotik setiap kali memberi pakan.

c. Mata bengkak
kebanyakan penyakit ini menyerang karena kualitas air kurang bagus juga terlalu tinggi protein.beri probiotik dan diberi antibiotik.

d. sering nampak
Ini biasanya terjadi karena air kurang wayu (air lama), air keruh, air terlalu panas beri rumputan enceng gondok atau tumbuhan air lainnya biar air stabil suhunnya dan penyakit cacar, bersihkan lumpur/kotoran dasar kolam untuk penyakit cacar dibisa diberi antibiotik.

Untuk keberhasilan usaha ikan gurami ini juga tergantung kesehatan ikan serta harga pasar, semua saling berhubungan, jika harga pasar kisaran Rp 19.000 sudah pasti hasilnya cuma kembali modal aja.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status