Skip to main content

4 Cara Mengatasi Heat Stress Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan ayam pedaging yang mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat dan rentan terhadap kondisi cuaca serta udara yang kurang bagus.

4 Cara Mengatasi Heat Stress Ayam Broiler

Ayam yang biasanya terjadinya heat stress di antara jam 11.00 - 15.00 , peternak harus bisa melihat kondisi ayam supaya kesehatan tetap terjaga, kondisi seperti heat stress ayam akan membuka paruh lebar menghirup udara karena kondisi lingkungan serta udara yang pengap dan panas.

Akibat yang terjadi ayam juga akan kelabakan dan dapat menimbulkan kematian , ini menjadi resah seperti saya sendiri pernah ayam kepanasan , apa yang dapat saya lakukan ?

Hanya berusah mencari solusi lewat orang yang berpengalaman dalam bidang tersebut atau bisa cari solusi lewat internet.

Tindakan yang dilakukan jika ayam heat stress


1. Faktor kelembaban skam/ liter segera tangani dengan cara diseset kemudian tabur skam lagi (usahakan lakukan pada keadaan tidak panas, pagi atau sore hari, bisa juga dengan membolak-balik skam setiap hari (ini sudah pernah saya bahas) kemudian semprot skam dengan disfektan supaya amoniak tidak naik.

2. Sirkulasi udara dalam kandang, segera tangani dengan cara menambahkan kipas dengan semburan searah, gunakan kipas yang bisa menjangkau ruangan kandang (2 -3 kipas besar ) catatan kalau kandang CH harus ada kipas memasukkan udara juga membuang udara /isap dan buang.

3. Kepadatan isi ayam, ini juga sangat pengaruh pada ayam sehingga sirkulasi udara kurang optimal, lakukan penjarangan, pengalaman saya 1 meter persegi isi 9 ayam.

4. Pemberian ob*t paraset*mol pada jam 9 pagi ,yang pernah saya lakukan untuk pemberian ini per 400 ekor bb 1 kg up cuman 2 butir, tetapi jangan terus-terusan diberikan pada ayam, bisa melalui interval 2 diberi jeda 4 hari tidak di kasih.

Semua ini pernah saya lakukan dan sampai sekarang masih saya terapkan, alhamdulilah manfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status