Skip to main content

Burung Murai Full Kerodong Tampil Saat Lomba

.
.
Sahabat hobbykece sampai ketemu lagi dengan artikel saya terbaru tips kerodong burung murai, untuk menampilkan saat lomba tidak mudah perlu tenaga burung yang extra sebab saat lomba murai membutuhkan tenaga serta energi lebih banyak beda sama burung lainnya, dengan gaya ngeplay serta tipe burung fighter perlu istirahat yang cukup untuk persiapan menjelang lomba.

Manfaat murai batu full kerodong

Tanpa adanya kerodong sudah pasti tenaga burung terkuras saat berkicau di rumah yang berakibat saat tampil dilapangan ngembos atau hanya loncat-loncat .

Burung murai full kerodong tampil saat lomba

Sebenarnya fungsi kerodong bagi murai batu (MB) tidak jauh seperti burung lainnya.
1. Tenaga burung tersimpan, dengan menerapkan kerodong power burung tidak mudah gembos saat ketemu lawan

2. Kondisi mental stabil, sering burung kurang bagus mental karena dapak kecapekan burung murai, dengan kerodong kondisi burung tetap stabil tetapi harus menerapkan buka tutup kerodong.

3. Melatih burung mendengarkan masteran, biasanya burung sulit dengarkan masteran saat buka kerodong dengan kerodong burung lebih maksimal mendengarkan tanpa ada gangguan dari suara lainnya

4. Mengurangi stress, sering kali burung stress akibat mental kurang bagus juga drop ini dampak kecapekan burung murai batu (MB), sebab durasi lomba terlalu sering, perlu istirahat untuk memulihkan metabolis dalam tubuh murai.

5. Nafsu makan meningkat, faktor konsumsi sangat berperan penting supaya tenaga full saat lomba ,apabila tanpa kerodong burung justru sering berkicau yang menguras tenaga lebih waktu lomba sudah pasti ngembos /ngetem.

6. Tampil saat lomba, sebenarnya dengan full kerodong sebelum lomba dan menjelang lomba sangat tepat menerapkan kerodong full, tetapi terkadang ada juga murai tampil tanpa kerodong tetapi kebanyakan hasilnya kurang maksimal.

Cara burung murai tampil saat lomba

Menerapkan sistem kerodong menjelang lomba sampai hari H lomba perlu adanya strategi buka tutup kerodong.

* Hari H-3 Burung bisa dikerodong waktu malam aja supaya burung waktu siang masih tetap adaptasi dengan lingkungan sambil menghirup udara segar.

* H-2 sampai H-1 mulai menerapkan full kerodong dari pagi sampai malam hanya dibuka waktu memberi makan ef (ektra fooding) kemudian cek minum kemudian tutup lagi.

* Hari H burung pagi dibuka mandikan kasih ef dianginkan bentar kemudian dikerodong dan berangkat lomba

* Saat di lapangan burung buka kerodong sebentar sudah berkicau tutup lagi sampai sesi gantangan tiba.

Semua penerapan sistem kerodong seperti ini belum tentu bisa diterapkan pada semua burung murai batu, tetapi jika dibiasakan melatihnya nantinya burung murai juga mau tampil

Kerodong sangat penting buat murai batu, tetapi juga harus melihat kondisi burung serta kotoran burung, jika terlalu banyak kotoran kasihan burungnya pasti udara dalam sangkar penggap, lakukan pembersihan setiap hari kotoran dalam sangkar supaya kesehatan burung tetap terjaga.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

Cara Tepat Mengatasi Cucak ijo Didis Di Gantangan

Tips Membuat Burung Cucak Ijo Tampil Nagen

DMCA.com Protection Status