Skip to main content

Cara Agar Knalpot Motor Tidak Berkarat

Knalpot motor merupakan bagian motor yang sangat penting untuk mengeluarkan uap hasil pembakaran dalam ruang bakar akibat letupan dalam piston, akibatnya uap panas juga mengalir melalui dinding leher knalpot sampai keluar lubang knalpot.

Cara Agar Knalpot Motor Tidak Berkarat

Panas yang berlebihan karena hasil pembakaran tidak sempurna maka knalpot sering keropos/karatan lama kelamaan akan berlubang.

Perlu diketahui knalpot karatan/keropos kebanyakan pengguna lupa untuk merawatnya. Yang sering terjadi akibat kelalaian pengguna kendaraan bermotor yaitu :

1. Menyalakan mesin terlalu lama tanpa dibuat jalan, ini sangat berakibat umur knalpot tidak lama karena sistem pendingin mesin motor adalah udara, saat kita buat jalan udara mengalir lewat celah mesin juga knalpot sehingga dapat mendinginkan mesin atau knalpot, beda seperti mobil atau motor yang pakai radiator ini tidak terlalu masalah karena air radiator berputar melalui lubang pipa dalam mesin tetapi juga tidak boleh terlalu lama tanpa jalan sebab radiator juga didinginkan dari hembusan udara saat kendaraan jalan.

2. Setelah mesin kendaraan dimatikan biasanya langsung dicuci supaya bersih hal ini sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak elemen knalpot sehingga knalpot cepat warna kuning akibat lapisan krom rusak dan mempercepat karat dan keropos, sebaiknya tunggu kendaraan dingin baru kita cuci.

3. Kena air hujan tidak segera dicuci, sebab air hujan mengandung garam sehingga knalpot cepat keropos atau menguning.

Cara merawat knalpot motor agar tidak keropos


Untuk merawatnya sebenarnya sangat sederhana memghindari 3 hal yang diatas tadi. Juga bisa melalui perawatan sederhana yang bisa kita lakukan dirumah dengan cara meneteskan oli pada lubang knalpot secukupnya kira -kira 3-4 tetes ,bisa mengunakan olie bekas, lakukan setiap 1 minggu sekali tergantung pemakaian kendaraaan kalau jarang dipakai bisa diberi olie 2 minggu sekali.

Dengan meneteskan olie pada knalpot maka knalpot agak tahan lama. Itulah tips dari penulis semoga bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

DMCA.com Protection Status