Skip to main content

Cara Mendeteksi Busi Mobil Mati Mendadak

Busi dalam mesin kendaraan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghasilkan api untuk pembakaran dalam ruang piston apabila pengapian busi tidak sempurna akan terjadinya pembakaran yang tidak akurat.

Cara Mendeteksi Busi Mobil Mati Mendadak

ciri-ciri busi mobil rusak


Untuk memgetahui kerusakan busi dapat di ketahui kondisi busi saat di luar mesin

1. percikan busi besar / kurang sempurna menandakan bahwa busi sudah lemah ganti yang baru.

2. Busi warna pada kepalanya hitam legam ini terjadi karena asupan bahan bakar ke dalam ruang bakar terlalu berlimpah, setel kembali asupan bahan bakar dan untuk busi bisa dibersihakan menggunakan amplas atau bensin

3. Warna merah bata hal ini terjadi karena pasokan bahan bakar terlalu sedikit sehingga mengakibatkan panas berlebih pada ruang bakar, untuk busi biasanya masih bagus perlu dibersihkan.

tips mendeteksi kurusakan busi mobil saat mesin nyala


Pada mobil untuk mendeteksi kita tidak perlu langsung mencopot busi, cukup membuka kap mobil kemudian menghidupkan mesin sambil digeber-geber sebentar.

1. Mendeteksi lewat suara mesin saat digeber ada suara agak gadat /tersendat kemungkinan besar busi salah satunya ada yang mati.

2. Menyalakan mesin kemudian fokus pada kabel busi, saat mesin hidup copot kabel busi satu persatu  dengarkan suaranya apabil kabel busi 1 dicopot atau dipasang lagi apa ada perbedaan suara mesin apa tidak jika waktu kabel di copot tidak ada perbedaan maka busi tersebut mati dan bila dicopot ada perbedaan suara menandakan busi masih hidup, jadi pengecekan dilakukan semua busi.

Dengan mendeteksi seperti ini kita lebih efisian tidak langsung ganti semua busi tinggal mana busi yang mati ganti baru, lebih hemat biaya.

Untuk perawatan berkala supaya performent mobil tetap bagus sebaiknya ganti busi setiap 1 tahun sekali , sehingga kita nyaman saat berkendara tidak perlu was-was.

Pada dasarnya jika kondisi pengapian mobil bagus tentu kerja mesin juga bagus sehingga mesin awet tidak pengaruh pada piston, kalau pengapian jelek ruang bakar terjadi penumpukan karbon sehingga umur piston jadi berkurang.

Jangan lupa selalu menaati peraturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan kita saat berada dalam perjalanan.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status