Skip to main content

Cara Menjinakkan Murai Batu Tangkapan Hutan Liar

Burung sangat cantik si murai batu, punya karesmatik yang berbeda dengan burung yang lainnya dengan ekor yang panjang serta gaya dan kicauan yang keras serta punya irama lagu yang merdu.

Cara Menjinakkan Murai Batu Tangkapan Hutan Liar

Bicara masalah burung murai batu sudah tidak asing lagi bagi pencinta burung lomba, sering kita mendengar burung jawara tingkat kabupaten maupun nasional ada banyak murai mulai dari hutan atau penangkaran.

Murai batu hutan sangat tidak mudah untuk menampilkan burung ini di ajang lomba tetapi jika perwatan tepat burung hutan jauh lebih bagus dari pada burung tangkaran.

Seperti yang pernah kita lihat burung tangkaran mudah jinak dan cepat berkicau tetapi punya kelemahan sangat besar apalagi jika perawatan salah burung sering nglowo saat di gantangan.

Tips burung tangkapan hutan


Pemilihan saat burung kita beli harus jeli mulai dari paruh yang bersar dan tebal panjang, mata harus melotot tajam serta kaki kokoh juga bulu tidak kusam.

Saat kita mulai dapat burung murai batu yang perlu dilakukan untuk menjinakkan.

1. Kerodong burung full kerodong, waktu malam hari dan lakukan buka kerodong saat pagi sampai sore separuh kerodong aja sampai burung mulai ngeriwik sekitar 1-3 minggu tergantung kondisi burung.

2. Pemberian pakan burung jangan sampai pelet aja biasanya burung belum mau pelet penuh, lakukan pencampuran dangan ulat kandang perbandingan 1:1 sampai burung siap untuk makan pelet sepenuhnya biasanya butuh waktu 2 minnguan.

3. Terapi lapar lakukan ini jika burung mulai ngriwik, dengan cara terapi lapar burung bisa cepat jinak.

menjinakkan burung murai batu
Langkah selanjutnya jika murai batu sudah mulai ngriwik dengan cara di keluarkan dari rumah ditempat teduh dan keaadaan kerodong masih separuh lakukan sampai sore hari selama 1 minggu malam dimasukkan ke dalam runah, langkah selanjutnya minggu ke 2 burung mulai buka kerodong 80 %.

Seperti biasa keluarkan dari rumah baru sore dimandikan dengan cara semprot spray halus sampai basah untuk makan kurangi ulat kandang jadi tinggal 20 % aja lainnya pelet, bianya ini perlu adaptasi sekitar 1 minggu, minggu ke 3 burung mulai bisa buka kerodong full tetapi gantung agak rendah sekitar 2 meter dar tanah tetapi jangan di jemur dulu.

Cara Menjinakkan Murai Batu Tangkapan Hutan Liar

Pengantangan usahakan dekat orang lalu lalang supaya burung tidak takut cepat jinak dan mulai diberi jangkrik 3-5 ekor pagi sore mandi tetap biasa sore aja.

Mulai belajari mandi pakai kerambah dengan cara dipancing pakai jangkrik yang dimasukkan dalam kerambah supaya burung mau masuk.

Kemudian mulai penjemuran dalam massa penjemuran usahakan burung dimandikan pagi hari sampai basah dan jemur jangan lupa pakan minum selalu tersedia lakukan ini secara bertahap misal hari pertama jemur 1 jam kemudian gantung di tempat teduh dan hari kedua 2 jam sampai nantinya burung bisa di jemur jam 8.00 - 12.00, untuk malam bisa di masukkan di rumah kemudian kerodong.

Jika burung murai belum jinak lakukan dengan cara terapi lapar mulai jam 8.00 tidak diberi makan sampai jam 10.00 (keadaan tidak di jemur) dan waktu diberi pakan dengan cara jangkrik dipegang pakai dua jari trus dikasihkan  sampai burung mau makan dan pakan pasang kembali lakukan hal tersebut setiap hari.

Mulai di beri masteran saat burung murai masuk rumah supaya burung mempunyai banyak materi lagu yang beraneka ragam.

Ternyata murai batu hutan mudah dijinakkan

hal ini yang saya sangat suka dari burung murai hutan, dia akan tampil dahsyat saat lomba, ini pernah saya buktikan sendiri meskipun dia tidak jinak-jinak amat tetapi waktu lomba keluar isiannya.

Kalau sudah makan pur tanpa campuran ulat kandang murai batu bisa mulai di gantang depan rumah atau samping dan tempat yang sering dilalui orang sehingga burung tidak takut juga cepat jinak.

Lakukan pengumbaran seminggu sekali ,dalam tahap ini sangat penting burung juga cepat jinak.

Manfaat dari burung murai hutan dapat dirasakan jika burung mulai berkicau tanpa takut lagi dan jangan di sandingkan sama murai lain sebelum mentalnya bagus ditakutkan mentalnya drop males berkicau.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status