Skip to main content

Cek Dan Menggisi Air Radiator Mobil Tua

Radiator sangat penting buat kendaraan baik mobil atau kendaraan yang memakai sistem pendingin radiator, fungsi utama radiator sebagai pendingin mesin, air ini akan mengalir dalam rongga ruangan mesin yang dirancang khusus sehingga air radiator tidak masuk ke ruang bakar.

Cek dan mengisi air radiator mobil tua

Bahaya kebocoran pipa radiator

Sering sekali kita lalai mengecek kondisi pipa-pipa yang terhubung ke radiator mulai clem yang renggang atau pipa yang sudah usang/rusak ,sebaiknya selalu cek secara berkala.
Dampak yang dapat ditimbulkan dari kebocoran pipa radiator.

* Mesin over head, akibat panas berlebih pada mesin akibat pendingin radiator habis dan fatalnya lagi piston macet bahkan stang piston akan melot, tentu kita sangat merugi, seharusnya ini tidak terjadi apabila penggendara bisa melihat alarm panel di mobil, saat suhu atau kondisi panas berlebih alarm pasti menyala. 

Usahakan selalu cek kendaraan sebelum memulai perjalanan sehingga kita aman dan bisa antisipasi jika ada kerusakan atau kehabisan air radiator.

* Konslet instalasi kabel sekitar mesin akibat suhu panas kabel sekitar mesin bisa melelah berdampak konsleting, dan menambah biaya perbaikan.

* Macet dijalanan, akibat kehabisan air radiator mesin bisa macet ditengah jalan. Tentu kita repot sendiri harus dorong ketepi juga butuh waktu untuk memperbaikinya.

Untuk menangulangi ini semua kita harus cek saat sebelum perjalanan atau bisa ketika alarm berbunyi sebaiknya berhenti dulu untuk melihat kondisi kendaraan khusunya air radiator.

Cara mengisi air radiator mobil
Saat kita mengisi air langkah pertama buka penutup radiator dengan cara diputar.

1. Untuk mengisi air radiator sebaiknya kondisi mesin sudah dingin, supaya air tidak melutup saat diisi air (untuk air bisa air coolent atau air biasa ) kalau air khusus radiator sangat bermanfaat agar tidak menimbulkan kerak pada ruangan radiator tetapi harganya juga lumayan, air biasa mudah didapat tetapi mempunyai dampak cepat berkerak sehingga pipa -pipa radiator jaka waktu lama buntu.

Mengisi air radiator mobil

2. Bisa keadaan berhenti tetapi mesin harus menyala, tetapi ini juga harus hati-hati yang belum pengalaman juga masih takut tetapi yang sudah biasa tidak ada masalah, kalau saya boleh saran seperti no 1 keadaan mesin dingin.

Cek tangki cadangan radiator

Tangki cadangan radiator mobil

Supaya air tidak kehabisan mendadak kita bisa membuka tangki cadangan dan mengisinya, hal ini bertujuan saat air dalam radiator berkurang maka air dalam tangki cadangan secara otomatis masuk ke radiator, sehingga kebutuhan air dalam radiator selalu ada.

Sitem mesin menggunakan radiator sebenarnya sangat bagus buat kendaraan kompresi tinggi yang sangat membutuhan pendingin berlebih, selain itu juga dapat pendinginan dari kipas serta udara saat kendaraan jalan, ini sangat bagus dan menguntungkan karena mesin lebih awet dan tahan lama, tetapi harus dengan perawatan secara berkala. 

Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan tentang masalah radiator dan menambah ilmu bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status