Skip to main content

Melatih Mental Kacer Dengan Durasi Tarung

Burung kacer sangat lemah bila ketemu lawannya, sering kali burung loncat-loncat saja lebih parah lagi burung mbagong/bulu kembung dengan durasi lama, ini membuat empunya kewalahan untuk merawatnya sebab burung mbagong ada 2 kemungkinan genetik bawaan burung dari induknya dan karena salah perawatan.

Melatih mental kacer dengan durasi tarung

Untuk burung kacer yang sudah jadi biasa untuk lomba, sebenarnya merawatnya tidak sulit tinggal sesuaikan setelan, vitamin dan jangan sering dilombakan supaya burung tidak drop, tetapi terkadang sang empunya tidak betah sehingga burung tetap dilombakan akibatnya burung drop dan gampang mbagong.

Pola perawatan burung kacer setiap burung satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda dan mempunyai ciri serta tingkah laku berbeda pula, disini sang empu harus tau karakter burungnya sehingga mudah perawatannya, tetapi mental drop burung bisa jadi karena burung kurang sehat.

Cara melatih mental burung kacer


Kacer burung yang sangat unik dengan gaya tarung buka ekor sambil berjoged kepala menghadap keatas, untuk mempunyai burung seperti ini burung harus bermental bagus ,yang harus dilakukan melatih mental dengan sistem durasi tarung.

1. Siapkan burung kacer dengan memberi ef (ektra fooding) masing - masing kacer dan mandikan dulu baru dan biarkan bulu burung kering.

2. Gunakan lawan burung satu saja, sehingga burung tidak gampang drop, bertujuan melatih mental mulai dari dasar dulu, supaya burung mau berkicau dan ngobra.

3. Durasi tarung lakukan 5 jam setiap 1 minggu sekali, kadang ada yang beranggapan entar burung tidak mau jalan saat lomba, menurut saya tidak, semua ini juga tergantung perwatan serta pemberian vitamin supaya stamina tetap terjaga.

4. Penjemuran lakukan seperti biasanya 1-2 jam setiap harinya

5. Jangan membawa kelaberan dulu pastikan burung sudah siap baru di bawa lomba, dampak yang terjadi apabila dipaksakan burung nanti drop dan mbagong ini yang paling sulit dirawat kembali, karena burung masih dalam massa melatih mental.

Dengan melakukan terapi sitem tarung durasi lama kelamaan 
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status