Skip to main content

Mencari Settingan Burung Cendet Secara Tepat

.
.
Burung cendet merupakan burung yang mempunyai kicau yang tidak kalah dengan burung lainnya, tetapi untuk lomba burung ini cenderung sedikit peminatnya.

Mencari Settingan Burung Cendet Secara Tepat

Tips mencari setelan burung cendet


Dengan mencari setelan cendet yang sesuai karakter burung ini tidaklah mudah, setiap burung tidak  mempunyai setelan yang pakem, perlu kita mencari setelan yang tepat perlu adanya perawatan harian yang selalu diterapkan setiap harinya.

1. Mulai mandi, masalah mandi sesuai kebiasaan burung, bisa lewat semprot halus atau mandi cepuk, kalau boleh saya kasih rekomendasi bisa disemprot halus aja sampai basah saat pagi hari.

2. Menentukan EF (ekatra fooding) jangkrik , untuk mencarinya sebenarnya tidak sulit tinggal taru jangkri setelah mandi beri jangkrik di dalam cepuk 10 ekor, biarkan makan sampai dia habis berapa, jika habisnya 3 maka setelan hariannya 3 ekor pagi dan 3 sore.

3. Pemberian Kroto, makanan ini kesukaanb burung cendet , untuk pemberian bisa dilakukan seminggu 2 kali aja cara pemberiannya 1 sendok teh pagi dan sore, ini semua udah lebih dari cukup.

4. Ulat hongkong, ini bisa diberikan 1 minggu sekali aja dengan takaran 7 ekor pada sore hari

5. Penjemuran, lakukan penjemuran setiap hari setelah mandi mulai pukul 08.00 - 10.00 usahakan sampai burung udah ngacor, setelah burung udah jadi penjemuran cukup 1 jam aja.

6. Sistem kerodong, biasa ini dilakukan sesuai kebiasaan burung bisa di kerodong malam aja supaya burung bisa istirahat.

7. Pemasteran burung , lakukan setiap burung masuk rumah diantara sore sampai pagi lagi.pilihlah manteran burung speed rapat karena burung ini identik dengan suara rapat.

Cara mencari setelan burung cendet lomba


Settingan burung cendet 1 minggu sebelum lomba.

. H7 sampai H5 beri makan seperti biasa Ef 3 pagi sore 3, penjemuran ,mandi seperti biasa

. H4 beri kroto pagi sore kemudian sore harinya masukkan kandang umbar sebentar 1-2 jam dan masuk lagi dalam sangkar lalu kerodong.

. H3 sampai H2 beri makan jakrik aja, kalau pelet /pur selalu di sediakan dalam cepuk, penjemuran jangan dilakukan lagi, cuman pagi dianginkan bentar kemudian kerodong lagi masuk rumah sambil dengarkan masteran, kalau mandi seperti biasa.

. H1 pagi ef jangkrik seperti biasa pagi sore hanya penambahan sore hari beri ulat hongkong 10 ekor, tanpa jemur, kalau mandi jangan dimandikan.

. Menjelang lomba, misal lomba sore hari pagi jangan dikeluarkan dari rumah tetap dalam rumah dan kerodong beri jangkrik 3 pagi dan sore sebelum berangkat lomba mandikan burung dengan semprot halus jangan sampai basah kemudian kasih jangkrik 3 ekor lalu berangkat lomba.

. Saat dilapangan buka sebentar burung (diangin-anginkan bentar) dan tutup lagi kerodong kasih 5 ekor ulat hongkong /kalau kurang panas bisa ditambahkan, sampai lomba tiba buka kerodong gantangkan.

Semua setelan burung cendet tidak ada yang pakem tergantung kita tinggal menambahkan atau mengurangi efnya.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

5 TANDA AYAM BROILER TERKENA COLIBACILLOSIS ( E-COLI)

DMCA.com Protection Status