Skip to main content

Perawatan dan Settingan Burung Perci Lomba

Mencari settingan burung perci sebenarnya kalau tau karakternya sangat mudah, burung ini tidak mabung seperti burung lainnya hanya sulam seperti burung cucak ijo.

Perawatan dan settingan burung perci lomba

Burung ini sangat identik dengan kelabakan saat dalam kegelapan, untuk membawanya saat malam tiba juga harus hati-hati bisa menambahkan cahaya, tetapi kalau saat dirumah dalam kegelapan tidak jadi masalah.

"Untuk kelas perci sendiri dalam lomba tidak begitu ramai hanya lomba tertentu saja masih ada, perci sebenarnya sangat menyukai jenis ulat baik kandang atau ulat hongkong".

Makanan utama burung perci


Untuk makanan burung perci pelet dan ulat hongkong sebagai penambah gizi aja, kalau kebanyakan ulat saat dirumah maka saat lomba burung hanya loncat karena over birahi (OB)

Sering kali kita mendengar waktu lomba perci ngacor sampai lomba selesai meskipun ada ngetem sedikit, ini terjadi karena perawatan saat dirumah tepat dan ketemu settingan yang pas, makanan utama perci pelet ada banyak jenis pelet untuk perci mulai harga biasa sampai mahal tetapi tidak menjamin burung ini tampil saat lomba.

Rawatan harian burung perci lomba


Merawat perci tidak semudah yang kita bayangkan sebab perlu mensetting mulai dari perawatan harian, yang perlu dilakukan saat dirumah

1. Pemberian Pelet / sentrat kita bisa memberi pelet biasa aja dan menambahkan susu bubuk sedikitnya dengan perbandingan pelet 5 sendok makan susu 1 sendok teh, ini sangat bermanfaat untuk kesehatan organ tubuhnya, pelet selalu tersedia dalam wadahnya.

2. Faktor mandi, burung bisa dimandikan dengan semprot spray halus pagi dan sore, seminggu sekali saat memandikan bisa ditambahkan rebusan daun sirih supaya kutu-kutu dalam bulu hilang.

3. Penjemuran, lakukan penjemuran setiap hari mulai jam 08.00 sampai 09.00 setelah burung dimandikan, lakukan secara kontinyu.

4. Pemasteran, sangat perlu dilakukan supaya burung memiliki isian yang bagus, pilih materan seperti burung siri-siri, rambatan dan cililin. Masteri burung saat malam sampai pagi ini dilakukan setiap hari.

5. Kerodong, ini bisa dilakukan sesuai kebiasaan burung kalau gak biasa dikerodong jangan dipaksakan, tetapi yang pernah saya alami pengerodongan hanya waktu malam aja.

6. Pemberian ulat hongkong sangat diperlukan untuk melatih perci saat rawatan di rumah, cara memberi diampil daging dalamnya aja dengan cara dipencet /diplotot, ulat hongkong bisa diberikan seminggu 2 x saat pagi sore misal pagi 5 sore 5.

Settingan burung perci saat lomba


Menyetel burung perci sangat diperlukan saat lomba, tanpa menemukan setelan yang pas biasanya burung kicau sebentar kemudian loncat atau kelabakan, inilah contoh setelan mungkin bisa diterapkan

Mulai H-3 burung rawatan seperti biasanya selanjutnya H-2 burung sudah full kerodong tanpa jemur hanya saja pagi dikeluarkan lalu dimandikan dan diangin-anginkan sebentar 1 jam kemudian diberi hongkong 2 ekor masukkan lagi dalam rumah untuk sore harinya sama dikeluarkan sebentar diberi hongkong 2 ekor masukan lagi.

H-1 burung sama perawatan H-2 ,saat hari H misal lomba sore hari burung pagi tidak usah dimandikan dan pagi dikeluarkan diberi hongkong 2 ekor masukkan lagi kerumah kemudian saat 1 jam sebelum berangkat mandikan dengan semprot pakai spray halus tetapi jangan sampai basah, dianginkan sebentar kemudian kerodong lagi tanpa diberi ulat hongkong, saat sampai dilapangan buka kerodong usahakan jangan dekat perci lainnya,dan beri ulat hongkong sampai puas dan selesai sampai tidak mau makan lagi kemudian tutup kerodong siap di gantangkan.

Mencari settingan burung perci memang berbeda tetapi bisa diterapkan settingan ini, hanya saja saat dilapangan ulat hongkong bisa ditambah atau dikurangi, untuk itu bisa dilihat saat tampil digantangan tingkah laku serta kicaunya ada ngetem apa tidak.

Lihat juga artikel lainya yang membahas burung lomba seperti cucak ijo, murai batu dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status