Skip to main content

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

Kandang umbaran mempunyai dampak begitu besar untuk burung murai batu saat lomba, dengan persaingan ketat di ajang lomba banyak sekali empu murai batu menciptakan spekulasi supaya burung kesayangannya tampil dahsyat saat di gantangan.

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

manfaat kandang umbaran buat murai batu

Dengan menerapkan kandang umbaran sangat bagus buat burung kicau lomba terutama murai batu (MB) diantarannya :

1. Melatih nafas burung, tujuannya burung mempunyai nafas panjang untuk berkicau lantang keras dan saat ngeplay burung tidak mudah lelah, ini bagi murai sangat penting, kecuali burung hanya untuk kicauan di rumah umbaran tidak terlalu penting.

2. Mental burung, dengan melatih umbaran secara kontinyu burung semakin narung dan mempunyai metal tidak takut sama lawan juga orang disekitarnya.

3. Melatih otot-otot sayap juga otot anggota tubuh lainnya sehingga burung lincah dan serta mempunyai suara keras.

4. Menjaga kesehatan dan tidak mudah stress, mempunyai kesehatan prima burung murai batu sering rajin berkicau /ngacor tidak mudah lelah.

5. Tampilan nagen, dengan umbaran yang tepat burung murai batu nagen saat bertarung, tidak mudah turun ke dasar sangkar.

6. Tubuh lebih ramping, menjaga tubuh burung ramping supaya burung tidak gampang ngetem, kebanyakan murai batu yang agak gemuk dia malas berkicau karena faktor kesehatan burung kurang fresh.

7. Menstabilkan birahi burung, murai batu juga punya birahi lebih, seperti waktu digantangan burung nglowo dan lompat -lompat juga ngetem, ini sangat banyak terjadi saat burung naik gantangan.

Tips umbaran murai batu yang tepat


Untuk mengumbar burung tidak hanya kita masukkan aja ke kandang umbaran aja lho !
Perlu diketahui burung saat kita masukkan kandang umbaran sang burung hanya makan,minum sesekali terbang, menurut hobbykece itu tidak akan masimal melatih nafas burung serta mental, yang harus dilakukan :

a. Buatlah kandang umbaran minimal 1,5 m x 7m dan tinggi 1,5 m dan beri tangkringan 2 aja , misal kandang hadap utara selatan, beri tangkringan (diameter tangkringan pilih yang kecil) di utara 1 dan di selatan 1 kemudian usahakan jarak tangkringan dari tepi sekitar 40 cm.

b. Beri ef sebelum di umbar, kalau saya biasanya dikasih jangkrik 5 aja saat dalam sangkar kemudian biarkan minum dulu setelah selesai baru masukkan kandang umbaran (dalam kandang tanpa minum dan makan.

c. Saat dalam kandang umbaran, apa yang harus dilakukan setelah burung murai batu masuk kandang umbaran ?
Pertanyaan yang bagus, jarang sekali orang tau apa yang dilakukan. Yang perlu diperbuat empunya saat di burung masuk umbaran , kita hanya menyuruh burung terbang keutara dan selatan dengan cara masukkan jeruji kecil, misal burung posisi di utara masukkan jeruji kecil panjang biar burung terbang keselatan.

Begitu juga sebaliknya misal di selatan suruh burung terbang ke utara, lakukan secara bertahap misal hari ini 100 putaran, besoknya 200 putaran sampai burung kuat tidak turun kebawah, maximal 300 putaran lakukan pengumbaran 2x dalam seminggu, setelah selesai masukkan kembali ke dalam sangkar jangan lupa makan minum di berikan dan jika burung keadaan tidak fit/sehat sebaiknya jangan di umbar dulu.

Semua ini pernah saya lakukan dan alhasil dalam lomba burung nagen speed rapat ,dan perlu diingat jangan sering dibawa lomba usahakan 1 minggu sekali atau lebih bagus 2 minggu sekali untuk menjaga burung tidak mudah macet bunyi.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status