Skip to main content

Tips Mengatasi Diare Ayam Broiler Menggunakan Oralit

Untuk merawat ayam broiler sekarang makin sulit karena banyak kendala akibat antibiotik dalam pakan sekarang sudah tidak ada (AGP), peternak sering sekali mengalami ayamnya sakit lumpuh ,diare mengarah ke koksi.

Tips Mengatasi Diare Ayam Broiler Menggunakan Oralit

Untuk peternak sekarang harus cepak mengenali penyakit ayam seperti halnya diare bisa juga menggunakan daun jambu kluthuk yang diambil airnya tetapi kalau diare sudah berat ayam kehilangan cairan dalam tubuh dihidrasi mengakibatkan ayam lumpuh.

Langkah mencegah diare ayam broiler

Untuk pencegahan bisa menggunakan kunyit atau daun jambu, tetapi kalau sudah parah ramuan ini sudah tak dapat di fungsikan.

Apa bisa oralit buat ayam broiler ?

Jawabnya bisa, mengapa ayam kekurangan cairan saat keadaan diare ,untuk menganti cairan dalam tubuh yang hilang bisa menggunakan oralit dari campuran garam dan gula, atau bisa beli oralit jadi biasanya di apotik ada.

Gunakan oralit secara kontinu 3 hari berturut-turut misal umur 6 hari kemudian berhenti dan umur 15 dikasih lagi selama 3 hari.

Mas kok belum sembuh setelah di kasih oralit ?

Pertayaan yang bagus, malu bertanya sesat di jalan, sebelumnya teliti lagi masalah pakan apa keadaan jamuran (ganti baru) jika tidak berati faktor air minum teliti apakah keadaan kotor apa tidak (bisa menggunakan alat ukur ph) jika kondisi bagus maka memang saluran pencernaan ayam , untuk mengatasi penyakit harus basmi dari sumbernya dahulu.

Jika tetap diare kemudian beri obat koksi dan antibiotik (saran amox*lin) dosis 2 butir ayam 400 ekor bobot 1 kg up selama 5 hari insya allah sembuh

Semoga dapat dibuat acuan untuk merawat ayam broiler
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status