Skip to main content

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

.
.
Dengan peliharaan ayam broiler semakin singkat hanya sekitar 32 - 40 hari, ayam mempunyai daya tahan tubuh yang bisa dikatakan lemah serta rentan terjangkit wabah penyakit.

Ada berpendapat apakah perlu diberi vaksin ayam broiler ?
Sangat perlu , mungkin ada sebagian peternak tanpa vaksin ayam broiler bisa sehat sampai panen, tetapi ini sangat berbahaya sekali sebab sekali kena penyakit sangat sulit untuk mengobati.

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

Tujuan vaksin buat ayam broiler 


Memasukkan virus dengan kadar tertentu sehingga ayam semakin kebal terhadap penyakit, tetapi dalam proses setelah vaksin juga punya dampak pada ayam biasanya badan agak panas.

Dengan vaksin ayam broiler mempunyai anti body yang lebih bagus dan ini juga sebagai pencegahan terhadap penyakit yang sering timbul pada ayam broiler.

Pemberian vaksin bisa disesuaikan dengan lingkungan juga daerah masing-masing misalkan vaksin AI bisa diterapkan jika suatu daerah atau lingkungan yang pernah terjangkit flu burung tetapi untuk daerah yang tidak terdapat penyakit AI lebih baik tidak menggunakan vaksin tersebut dengan tujuan lebih hemat biaya sebab harga vaksin AI per 250 ml sekitar Rp 250.000, tetapi tergantung peternaknya sendiri misal diberikan juga tidak masalah.

4 Jenis Vaksin Yang Bisa Diterapkan Untuk Ayam Broiler

Jenis vaksinasi buat ayam broiler


1. NDIB pencegahan seperti bronkhitis, tetelo vaksin ini sangat penting buat ayam sebab sering kita dapati ayam kepala putar -putar kalau sudah terjangkit semakin sulit untuk menyembuhkan.

Cara menggunakan vaksin NDIB bisa melalui tetes mata dengan cara vaksin berbentuk pil yang dilarutkan pada larutan warna biru yang biasanya sudah sepaket saat kita beli vaksin, buka tutup vaksin kemudian tuangkan larutan tadi ke dalam vaksin biar pil segera larut dan tuangkan lagi ke larutan warna biru tadi kemudian kocok sebentar, pada larutan biasanya ada tutup kecil pasang dan lubangi supaya vaksin mudah diteteskan pada mata ayam broiler.

Pemberian vaksin NDIB 

Hal ini bisa dilakukan saat ayam umur 3-5 hari, dengan cara teteskan pada kedua mata atau satu mata aja udah cukup, penetesan usahan saat mata ayam terbuka supaya vaksin cepat masuk.

Untuk dosis vaksin sebaikanya diberikan 2 x dosis, dalam arti jika ayam jumlah 400 ekor saat kita beli vaksin yang dosis 1000 dengan tujuan agar vaksin dapat sempurna masuk kemata ayam juga untuk menghindari saat pemberian vaksin biasannya tercecer/terbuang.

2. Coryza T, untuk lingkungan yang sering ayamnya kena seperti snot, mata lebab sebaiknya diberikan, meskipun dengan penyerangan penyakit ini tidak menimbulkan kematian jumlah banyak tetapi pertumbuhan ayam lambat dan nafsu makan berkurang.

Cara vaksinasi coryza


vaksin injeksi bisa diberikan pada ayam broiler melalui suntik dengan dosis 0.2 ml (untuk dosis bisa tanyakan ditoko saat kita beli) ayam umur 3-5 hari, vaksin coryza bisa diberikan bersamaan dengan vaksin NDIB, jadi setelah vaksin NDIB langsung kita vaksin coryza.

Penyutikan ayam umur 3-5 hari bisa melalui leher / cenggel, usahakan jangan sampai kena balung leher.

3. Gumboro A, kenapa saya bilang A sebab ada vaksin B juga, untuk jenis A kualitas lebih bagus dan kita vaksin cuma sekali aja.

Dampak penyakit gumboro sangat berbahaya buat ayam karena penyabaran penyakit ini menyerang hati, anda kan juga tahu hati untuk menetralisir racun jika hatinya sakit sudah pasti ayam sulit tumbuh kembang secara sempurna, kematian akibat penyakit ini tergolong banyak biasanya 20 ekor atau lebih, penyembuhan penyakit ini tergolong sulit dan lebih baik mencegah sebelum terjangkit dengan cara vaksinasi.

Pemberian vaksin gumboro ini bisa melalui air minum dengan cara puasakan ayam selama 2 jam dan usahakan pemberian vaksin dalam keadaan cuaca tidak panas, bisa diberikan pagi atau sore, untuk pemberian vaksin usahakan selama 2 jam vaksin habis diminum.

Cara memberi vaksin gumboro

Pemberian melalui air minum dengan cara dobel dosis, buka penutup vaksin kemudian larutkan kedalam bak yang sudah terisi air secukupnya dan aduk-aduk lalu tuangkan pada botol minum ayam lalu segera berikan, untuk pemberian vaksin bisa ayam umur 10 -15 hari.

4. ND Clone sebenarnya vaksin ini hanya sebagai tindakan lanjutan dari vaksin NDIB, bisa diberikan juga bisa tidak. 

Pemberian vaksin lewat air minum sama caranya dengan pemberian vaksin gumboro, bisa diberikan pada ayam umur 17 -20.

Tindakan setelah vaksinasi ayam broiler


Selesai ayam diberi vaksin pasti mempunyai dampak pada tubuh ayam, biasanya ayam mengalami suhu tubuh meningkat ini bisa diberikan ob*t penurun panas dengan cara setelah selesai vaksinasi dituangkan ob*t tadi pada botol air minum yang warna merah aja dan beri vitamin lainnya.

Itulah vaksinasi yang pernah saya lakukan dan menurut pengalaman saya beternak ayam broiler.semoga bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status