Skip to main content

4 Penyebab Kelumpuhan Ayam Broiler

Menjaga kesehatan ayam broiler memang sangat perlu perawatan yang dibilang juga agak susah gampang, kualitas pakan juga manajement yang kurang tepat akan terjadinya ayam kurang bobot serta penyakit silih berganti datang.

4 Penyebab Kelumpuhan Ayam Broiler

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kondisi kesehatan ayam menurun.

Penyebab kelumpuhan ayam broiler


Ada banyak faktor yang menyebabkan ayam tidak bisa jalan / lumbuh :

1. Akibak amoniak
Karena kondisi udara kurang bagus dalam kandang serta skam / liter lembab yang berakibat amoniak kandang tinggi dan menyebabkan penyakit ayam seperti snot, cekrek juga pernapasan jika tidak segera ditangani lama kelamaan ayam mengalami kelumpuhan.

2. Penyakit koksi, pada ayam broiler koksi pasti sering terjadi akibat pencernaan ayam kurang bagus dan usus ayam tumbuh luka segera tangani jika ayam mengalami berak pakan, darah atau cair jika sudah parah ayam mengalami berah darah dan akan terjadi kematian juga kelumpuhan.

3. Tempat pakan kurang tinggi, sering kita mengabaikan hal kecil seperti penempatan posisi pakan kurang tinggi  atau terlalu rendah sehingga posisi ayam saat makan dalam keadaan duduk / ndeprok akibany ayam jarang berdiri jangka waktu lama ayam akan sulit untuk berdiri, segera tinggikan tempat makan sesuai ketinggian ayam.

4. Kepadatan, semakin hari pertumbuhan ayam semakin berkembang sehingga ruang gerak semakin terbatas, asupan oksigen sedikit yang terjadi pertumbuhan ayam lambat dan bisanya ayam kurang gerak berakibat terjadi kelumpuhan.

Supaya ayam tidak terjadi kelumpuhan sebagai peternak harus bisa teliti serta siaga menperhatikan kondisi udara, kadar kelembaban sekam juga kebersihan pakan.

vitamin ayam broiler juga sangat diperlukan supaya kondisi kesehatan ayam tetap terjaga.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status