Skip to main content

7 PROBLEM YANG DI HADAPI PETERNAK AYAM BROILER

.
.
Perkembangan ternak ayam broiler sekarang makin banyak kendala hal ini yang membuat peternak kwalahan menghadapi berbagai masalah serta kesalahan memelihara ayam broiler / pedaging.

7 PROBLEM YANG DI HADAPI PETERNAK AYAM BROILER

Banyak juga peternak yang berhenti akibat sangat sulit memelihara sampai ayam siap panen.

Apakah ada pengaruh sama agp yang sudah tidak ada ?


Sebetulnya pengaruh agp tidak terlalu signifikan buat perkembangan broiler, hanya saja agp sendiri biasanya sudah dicampur dalam pakan untuk mencegah koksi, koli juga mempercepat pertumbuhan ayam.

Tanpa agp peternak masih bisa menggunakan bahan alami yang jauh lebih aman dan bagus, tetapi kita juga harus bisa mengukur pemberian secara tepat pada ayam potong.

Peternak mandiri harus bisa inovasi membuat vitamin sendiri dari bahan alami akan tetapi ini jauh lebih sulit dan berani.

Beda dengan peternak yang ikut mitra, segala sesuatunya dikontrol dan diberikan vitamin yang sudah kita dapatkan dari pabriknya.

Masalah yang sering dihadapi peternak ayam broiler


Untuk membuat ayam dengan bobot yang kita inginkan sangatlah sulit dan banyak kendala yang peternak alami

1. Kwalitas DOC kurang bagus, ini juga sangat pengaruh saat kita peternak merawatnya ,makin sulit serta berbagai macem kendala diantara ayam sudah membawa bibit koli dari indukan, ayam kerdil yang membuat ayam tidak bisa besar, kematian tinggi saat ayam umur 1-5 hari, ini yang membuat pertumbuhan lambat sampai panen tiba.

Kendala seperti ini sangat membuat kebutuhan pakan meningkat sehingga habis pakan tidak sesuai dengan bobot ayam, otomatis peternak mengalami kerugian atau mempunyai untung sangat sedikit.

2. Pakan kurang bagus, kadar protein yang lebih rendah akan membuat pertumbuhan ayam melambat sehingga fcr menjadi bengkak, seharusnya kita sebagai peternak menambahkan vitamin pelengkap lainnya supaya bisa menutupi kekurangan vitamin yang ada dalam pakan pabrikan.

Menjamurnya pakan akibat penyimpanan yang kurang tepat, supaya hal ini tidak terjadi sebelum membeli pakan jumlah besar sebaiknya persiapkan tempanya supaya pakan tidak menjamur saat kita pakai jangka waktu yang lama.

3. Pemanasan kurang merata pada doc, sering kali kita didadapi kendala cuaca yang dingin membuat peternak harus menambahkan pemanas yang lebih, pengaturan posisi pemanas tang tidak tepat akan membuat pana suhu ruangan kurang merata.

Posisikan pemanas yang bisa menjangkau seluruh ruangan sangat duperlukan supaya doc broiler dapat terjangkau, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ayam juga ayam tidak mudah terserang penyak*t.

4. Penerapan buka tutup tirai kurang tepat, hal yang demikian sangat perlu diperhatikan jika kedingginan ayam akan mudah rentan terhadap berbagai macam penyak*t serta kurang lincah.

Seharusnya kita lebih cepat menyikapi kendala kondisi tirai dengan cara menerapkan buka tutup tirai saat malam atau siang hari.

Saat musim dingin ayam khutuk akan cenderung bertumpuk -tumpukkan satu sama lainya yang mengakibatkan ayam lumpuh juga kematian yang sangat banyak.

5. Manajemen kandang yang sering kita lalai menerapkannya diantaranya merawat skam / litet yang kurang tepat dapat menimbulkan amoniak yang tinggi sehingga ayam mudah kena snot, ngorok serta penyak*t yang lainya.

Kondisi musim dingin juga hujam yang memyebabkan skam cepat basah juga lembab segera lakukan tebar skam baru atau dengan cara membolak - balik skam.

6. Hama binatang buas, yang sering kita jengkel akibat tikus, kucing, musang, untuk itu kita peternak bisa mencegah sebelum binatang tersebut masuk kekandang.

Penerapan jaring atau seng serta pagar bambu sangat kita perlukan, jika untuk kucing , musang mungkin masih bisa ditangani tetapi yang sulit kita cegah masuk kekandang kebanyakan tikus.

7. Penyakit yang timbul saat merawat ayam broiler merupakan kendala yang dibilang sulit juga mudah, apibila kita diagnosis tepat tentu sangat mudah mencarikan ob*t, tetapi jika kurang tepat akan penyak*t semakin parah, untuk hal demikian bisa konsultasi serta sering sesama peternak yang lebih pengalaman supaya kita bisa menangani secara tepat.

Itulah beberapa yang sering dihadapi peternak dilapangan dan kita perlu teliti serta belajar terus untuk memelihara ayam broiler supaya memperokeh hasil yang maksimal.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Mengatasi Cucak ijo Didis Di Gantangan

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

DMCA.com Protection Status