Skip to main content

Cara Budidaya Mas Koki Di Kolam

Ikan hias mas koki mempunyai berbagai macam jenis mulai jambul,oranda,ranchu, mutiara dan masih banyak yang lainnya.

Ikan ini merupakan ikan hias yang dibilang lumayan bagus pemasaranya baik kelas ekonomi kebawah atau sampai menengah ke atas.

Dengan warna serta corak ikan ini mampu membi*s mata yang melihat serta gaya berenang dengan pelan dan melambaikan sayap dan ekor begitu menawan.

Cara Budidaya Mas Koki Di Kolam

Mas koki biasanya dipelihara dalam akuarium dengan kaca yang bening kita dapat melihat jelas keindahan ikan mas koki.

Peminat ikan mas koki sangat luas mulai jawa bahkan sampai kalimantan tentu setiap daerah mempunyai harga yang berbeda - beda dan tergantung corak serta besarnya ikan.

Berapa harga ikan mas koki ?


Untuk harga relatif disesuaikan dengan kondisi ikan, untuk di jawa kisaran Rp 1500 sampai 20 ribu tergantung ukura, kalau kita sebagai peternak biasanya jual borongan yang kecil biasanya harga per biji 1500 dan untuk umur sekitar 7 bulan kisaran harga 20 rb. 

Memelihara mas koki di kolam 

Cara Budidaya Mas Koki Di Kolam

Ikan ini bisa dipelihara dikolam dengan jumlah banyak tanpa mengunakan akuarium. Untuk pembesaran ikan kita lebih mudah membeli ikan yang harga kisaran Rp 1000 - 2000 kemudian kita besarkan sampai umur 7 bulan ini lebih mudah dari pada kita menetaskan dari awal.

Persiapan kolam pembesaran ikan

Dengan mengunakan kolam plester dari semen kita lebih efektif serta tahan lama untuk budidaya ikan mas koki.

pembersihan kolam dengan cara mencuci bekas atau bau semen supaya ikan aman dari penyakit atau m*buk akibat bau kolam, lakukan pengendapan air kolam selama 1 minggu dengan kedalaman 1 meter dengan tujuan air biar wayu.

Pemilihan bibit ikan mas koki

Cara Budidaya Mas Koki Di Kolam

Faktor memilih bibit sangat menentukan harga jual mas koki saat besar nanti, pilihlah dengan corak merah putih tanpa ada yang hitam atau putih polos, sebab untuk warna polos tersebut harganya sangat murah bahkan tidak laku dijual dan juga ikan harus kondisi bagus tidak cacat baik sirip maupun mata, kemudian untuk ekor haru pecah ditengah jagan sampai ngempal / lengket dan juga badan gemuk tidak memanjang karena faktor tersebut berperan sangat penting.

Proses pembesaran ikan mas koki


Setelah semua siap tinggal kita menyebarkan bibit pada kolam pembesaran, usahakan penaburan ikan waktu pagi setelah matahari muncul supaya ikan mendapat asupan oksigen yang tercukupi, untuk kolam ukuran 12 meter x 10 meter dan kedalaman 1 meter cukup diisi 1200 biji ikan mas koki supaya pertumbuhan ikan cepat dan tidak kerdil.

Cara pemberian pakan ikan mas koki


Merawat ikan mas koki sebenarnya simpel dan juga mudah asalkan kita harus tetap memantau kondisi air serta kesehatan, pemberian makanan bisa dilakukan pagi -sore aja secukupnya jangan terlalu kenyang sebab jika kekenyangan ikan ini akan mudah mati akibat perut bengkak.

Pelet yang digunakan bisa mengunakan 781 - 1 atau jenis merk yang lainnya yang ukuran butiran kecil disesuaikan dengan besarnya ikan mas koki.

Sesekali kita juga harus memberikan protein yang lebih diantaranya cacing sutra, makanan ini sangat disukai ikan mas koki dan mempercepat pertumbuhan tetapi jangan terlalu sering bisa sebulan sekali jika keseringan memberikan cacing dampak yang terjadi ikan kegemukan dan juga dapat menimbulkan pembengkakan biaya.

Gimana cara membersihkan kolam ?

Pertanyaan yang bagus, hal ini sangat penting sebab jika kondisi air kolam keruh serta jelek maka ikan mas koki cepat mengambang ke permukaan ditandai ikan megap-megap akibat kekurangan oksigen.

Yang perlu kita lakukan adalah selalu membersihkan kolam dengan cara :

Cara Budidaya Mas Koki Di Kolam

● Kuras habis semua air dalam kolam sementara ikan bisa dipindah ke kolam satunya dengan kuramba, kemudian isi kolam kembali dengan air baru dan bisa ditambahkan air wayu (lama) 1/4 dari isi kolam kemudian masukkan kembali ikan mas koki ke kolam.

● Atau bisa menggunakan cara ini, hanya membuang kotoran yang ada didasar kolam hanya menyedot dengan pipa sambil dijalankan menggunakan tangan sampai bersih dan usahakan air tinggal separuh kolam lalu kita tambahkan air bersih sampai penuh.

Kendala yang sering terjadi saat pembesaran mas koki

Namaya usaha pasti mempunyai kendala baik kendala besar atau kecil, yang sering terjadi kendala diantarannya binatang buas, sering kali binatang buas kucing,luak atau burung pemakan daging biasanya selalu menghapiri sang ikan saat ikan naik kepermukaan sebab ikan ini tidak gesit atau lambat saat berenang dan hewan pemangsa mudah memakannya, untuk mencegahnya kita harus bisa memberi jarak agak tinggi dari kolam ke permukaan air supaya kucing atau luak tidak bisa memakan dan untuk mengatasi burung anda bisa menggunakan jaring yang ditempatkan diatas kolam.

Penyakit yang sering terjadi pada ikan mas koki


Ikan ini juga mempunya kelemahan kesehatan seperti kena kutu yang mengakibatkat badan bengkat atau bola mata melepuh, karena sifat kutu parasit jadi kalau sudah menempel akan sulit melepaskan diri dari ikan, biasanya bersarang pada sela-sela sirip ikan, untuk membasminya tidak mungkin kita ambil satu-satu perlu adanya penanganan menyeluruh secara cepat, cara membasminya bisa mengunakan ob*t pertanian diantaranya dias*non atau yan lainya dengan pemberian cukup 2 tutup aja usahakan waktu siang saat matahari ada supaya cepat penyembuhannya.

Kendala ikan mengambang didasar untuk menyembuhkan sakit ini bisa menambahkan anti bi*tik dalam pakan kemudian diberikan pagi dan sore selama 3 hari berturut-turut.

Penyotiran ikan juga bisa dilakukan usia sekitar 3 bulan setelah penebaran, sendirikan ikan yang tubuhnya kecil memanjang sebab ikan ini biasanya jantan segera jual karena harganya sangat murah dan yang lainya bisa dibesarkan sesuai kenginanan.


Waktu panen telah tiba 

Dalam proses pemanenan anda bisa mencari tengkulak yang sesuai langanan sebab biasanya harga lebih tinggi, anda bisa negoisasi untuk harga ikan mas koki, sekian pembahasan saya semoga bisa bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status