Skip to main content

CARA MENGATASI KANIBAL AYAM BROILER (PEDAGING)

Kanibalisme pada ayam pedaging sangat jarang terjadi biasanya ditandai ayam mulai mematuk kakinya sendiri bahkan sering juga mematuk temannya ini sangat bisa berulang apabila ayam sudah terluka ada bercak dar*h maka ayam yang lain akan mematuki, meskipun angkan kematian sangat kecil.

Pertumbuhan ayam akan semakin lambat jika luka yang ada pada ayam tidak segera kita tangani.

CARA MENGATASI KANIBAL AYAM BROILER (PEDAGING)

Faktor seperti ini biasanya juga karena bawaan dari lahir atau ayam akibat suhu kandang terlalu tinggi mengakibatkan ayam pedaging str*ss.

Menangani kanibalisme ayam broiler


Untuk bisa mencegah hal tersebut kita bisa mengatur suhu kandang supaya tetap normal  sehingga ayam tenang dan nyaman.

Seperti halnya dubur ayam kotoran hitam menempel ini akan membuat ayam yang lainnya mematuki temennya, cegah sebelum hal ini terjadi dengan memberi vitamin juga ob*t pada ayam yang terkena diare.

Saya sendiri sudah pernah mencoba mengob*ti mengunakan ob*t luka juga pakai bobok kunir maupun jahe tetapi ayam tetap aja dipatuki temannya.

Dengan ini saya jadi berpikir apa ada ob*t oles agar ayam takut dengan baunya , akhirnya saya coba dengan merk lain - lain akhirnya saya menemukan.

Pengob*tan pada luka oles biasanya ayam lainnya masih mau mematuki temennya hal ini kita perlu ob*t oles yang tepat supaya ayam lainnya tidak mematuki.

Ob*t oles biasanya memakai minyak tawon atau kayu putih yang terbukti aman digunakan juga faktor bau sehingga ayam tidak mau lagi mematuki.

Jika biarkan maka ayam akan selalu dipatuki temennya , langkah yang perlu dilakukan bisa dengan cara di asingkan ditempat lain atau diberi skat dalam kandang.

Perilaku ini biasanya ayam saat umur dibawah 10 hari sering terjadi, kita sebagai peternak harus cepat mengatasi hal demikian supaya ayam tidak mati.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status