Skip to main content

Cara Menjodohkan LoveBird Bagi Pemula

Ternak burung paruh bengkok lovebird sangat menjanjikan hasilnya baik untuk burung kicauan juga untuk lomba, burung ini sangat mudah pemasarannya bisa lewat rekan atau langsung di jual di pasar.

Cara mudah menjodohkan lovebird

Untuk menjodohkan burung paruh bengkok harus mengetahui ciri jantan dan betina, tetapi juga agak sulit, terkadang burung sudah dijodohkan  dan bertelor banyak sampai 10 butir tetapi ini sudah dianggap sudah berjodoh, anggapan ini yang salah.

Cara menjodohkan lovebird bagi pemula

Burung yang mempunyai telur banyak ini sudah dipastikan betina semua jadi kedua burung bertelor dan tidak bisa menetas sebab belum dibuahi dari sel jantan.

Burung lovebird tipe koloni jadi pejantan satu bisa buat betina sepuluh, untuk sistem penjodohan koloni bisa mengunakan sangkar ukuran besar, sebenarnya ini sangat menguntungkan peternak tetapi biaya yang dikeluarkan banyak tergantung jumlah burung.

Ciri burung lovebird betina 

* paruh burung agak papak 
* sayap ujung lovebird agak melebar
* tingkah laku ngeper / glowo saat ketemu sang jantan
* sumpit agak lebar
* ketemu lawan jenis mangut- mangut

Ciri burung love bird jantan

* paruh lancip
* tubuh kecil ramping 
* bagian sumpit sempit
* saat birahi biasanya geruji

Tetapi ciri diatas bukan hal yang paten karena agak sulit membedakannya tetapi bisa jadi acuan dalam memilih dan membedakan jantan juga betina

Proses penjodohan burung lovebird
Untuk menjodohkan perlu ada pendekatan kedua burung dengan cara didekatkan dan masing-masing dalam sangkar kemudian lihat perubahan burung jika kelihatan saling berdekatan meskipun beda sangkar, bisa dimasukkan dalam satu sangkar dan dalam sangkar jika burung kelihatan berdekatan dan saling bercumbu bisa dikatakan jodoh tetapi saat agak lama masih saling gigit ini belum jodoh tetapi lama kelamaan nanti juga jodoh.

Sangkar penjodohan lovebird

Tempat sangkar buat beternak lovebird bisa mengunakan sangkar besi kotak yang banyak dijual ditoko burung atau bisa membuat sendiri dari krawat rajut bisa beli ditoko bangunan.

Sediakan makanan yang lebih wadah juga tambahkan sesekali jagung muda supaya birahi burung naik agar cepat kawin.

Sarang burumg segera disediakan bisa membuat sendiri dari kotak kayu atau lebih mudah beli sekalian jerami buat sarang telurnya.

Tahap berikutnya tinggal menunggu lobebird bertelor. Selamat mencoba
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status