Skip to main content

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

.
.
Memakai tempat minum otomatis sangat meringankan kinerja saat memberikan minum pada ayam broiler tetapi kita sebagai peternak kadang juga bosen tanpa ada gerak yang lebih.

Biasanya menggunakan manual harus angkat serta perlu tenaga sehingga badan jadi sehat, tetapi untuk tempat otomatis kita hanya dimanjakan tanpa harus angkat galon air, sebenarnya sih sangat menguntungkan sebagai perternak jika populasi ayam broiler banyak tetapi untuk populasi di bawah 500 saya kira kurang tepat.

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

Sebab harga tempat otomatis aja harganya kisaran Rp 75.000 - Rp 85.000, untuk harga seperti ini kurang cocok buat populasi kecil sehingga pembekakan biaya operasionla alat, tetapi kalau mengunakan juga gak apa - apa tergantung keingginan masing -masing peternak.

Membersihkan tempat minum otomatis ayam broiler


Yang bisa kita lakukan untuk membersihkan tempat minum dengan cara kita hanya membersihkan bagian luarnya aja tempat air minum tergenang pada tmao, bibir luar digosok - gosok lalu dituangkan ke timba, jadi kita membawa timba sebagai tandon kotoran sambil berkeliling setiap tmao (tempat minum otomatis) dengan dibersihkan satu persatu.

Hal ini sangat mempermudah kita tanpa repot - repot angkat tempat minum untuk dibersihkan, pembersihan bisa kita lakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Merawat tempat minum otomatis ayam broiler


Membuat air minum ayam selalu dalam kondisi lancar tidak macet ini sangat kita butuhkan supaya air selalu mengalir pada tempatnya.

1. Mengecek pipa, selang, kran setiap selesai panen supaya saat menggunakan tidak macet serta tersedat -sendat jalannya air yang menyebabkan kekurangan air minum pada ayam ini sangat berbahaya buat ayam bisa menimbulkan dehidrasi jika waktu lama.

2. Membersihkan tempat klep otomatis ini sangat diperlukan supaya per klep tetap normal, kendala biasa dihadapi klep macet akibat jamur atau kotoran segera buka dan bersihkan

3. Membersihkan lubang tmao yang biasanya tersumbat kotoran atau jamur pada dinding lobang keluarnya air.

4. Mengecek klip perekat pada selang supaya saat ada kebocoran segera rapatkan atau kencangkan jika tidak segera ditangani maka air akan tergenang pada liter / skam yang menyebabkan kelembaban.

Untuk ini semua kita perlu perawatan tergolang mudah dan simpel

Cara merakit tempat minum otomatis ayam broiler 


Komponen pada tmao yang terdiri dari 4 bagian
● Wadah / tabung pembungkus luar berfungsi sebagai penutup,sebagai tandon air minum yang keluar dari lubang atas, tempat dudukan pelampung serta klep otomatis

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

● Pelampung untuk menarik klep supaya bisa membuka dan menutup pipa supaya air bak minum selalu terkontrol yang bertujuan jika air minum ditandon tmao habis maka klep terbuka dan air mengalir kemudian kalau air dah penuh maka klep menutup

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

● Otomatis klep hampir sama dengan penjelasan diatas sebagai pembuka dan penutup air saat air berkurang atau penuh.

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

● Tali pengantung tempat minum, ini sudah sat paket saat kita beli , kegunaannya untuk mengantung tempat minum.

CARA MERAWAT TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMAO) AYAM BROILER DAN PERAKITAN

Bagian dari alat ini tidak terlalu banyak jumlahnya mudah kita merakitknya hanya perlu menyatukan 4 komponen tersebut, untuk merakit tempat minum pertama memasang klep otomatis pada tabung air dengan cara memutar searah jarum jam kemudian kencangkan dengan ulir penguncinya, selanjutnya pasang pelampung dari bawah dan tancapkan lubang klip pada klep otomatis dan terakhir pasang tali pada lobang atas untuk mengantung tempat minum, mudah bukan.

Setelah perakitan selesai tinggal kita mencobanya, kemudian kita amati apakah ada kebocoran atau tidak pada klep otomatis jika tidak kita tinggal melihat apakah air dapat mengalir dengan sempurna jika semua normal maka tmao sudah bisa dipakai.

Inti dari semuanya kita hanya memerlukan perawatan rutin aja supaya air dari tandon utama bisa mengalir ke tempat minum otomatis tanpa ada kendala serta hambatan.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

Cara Tepat Mengatasi Cucak ijo Didis Di Gantangan

Tips Membuat Burung Cucak Ijo Tampil Nagen

DMCA.com Protection Status