Skip to main content

CARA SUPAYA PANEN BOBOT AYAM BROILER TIDAK SUSUT

Saat inilah yang sangat ditunggu - tunggu perternak ayam broiler setelah sekian lama merawatnya, lelah, capek akan sirna tatapi jadi galau dan pusing waktu panen bobot tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Yang menyebabkan bobot ayam broiler turun saat panen


CARA SUPAYA PANEN BOBOT AYAM BROILER TIDAK SUSUT

Sebenarnya bobot ini akan turun sudah mendekati panen karena banyak faktor.

1. Ayam kena koksi sering kali kita abaikan atau tidak cepat menangani maka apa yang ayam makan tidak sepenuhnya jadi daging cenderung ayam susut bobot.

2. Saat ayam broiler 10 hari mendekati panen kena snot / wajah lebab juga mata bengkak, hal ini sangat berpengaruh buat ayam broiler

Biasanya ayam akan malas makan kemudian penyusutan berat badan sudah pasti berkurang banyak.

Segera tangani secara cepat dan tepat mulai dari kondisi amoniak yang naik, tabur skam atau bisa bolak - balik skam/ liter, kenapa saya katakan liter sebab liter sangat fital dalam hal ini dan sebelum kita mengob*ti ayam selesaikan dulu sumber dari penyebabnya baru selanjutnya lakukan pengob*atan.

3. Ayam str*ss akibat kita sering masuk kandang saat jam dimana suhu kandang panas dan kurangnya kipas dalam kandang, ini juga sangat pengaruh menurunkan bobot broiler.

CARA SUPAYA PANEN BOBOT AYAM BROILER TIDAK SUSUT

Tips supaya bobot ayam broiler tidak turun


Sebelum itu terjadi kita sebagai peternak harus cepat menangulangi mulai perawatan mendekati hari H panen dengan cara sebagai berikut :

● Usahakan jangan masuk kandang saat jam siang sekitar 10.00 - 15.00 kecuali musim hujan / dingin untuk menghindari ayam heat str*ss yang biasanya ditandai ayam mulai megap- megap kalau sudah tidak kuat ayam akan terbalik kejang dan mati, ini sering terjadi saat usia ayam mendekati panen.

● Vitamin sangat diperlukan untuk membuat ayam broiler sehat saat mau dipanen atau dalam perjalanan.

● Pada hari H pagi jangan memberikan pakan dalam wadah berlebihan biarkan aja seadanya jangan diputar - putar sebab saat seperti ini ayam sangat rentan jika makan banyak akan kepanasan kemudian str*ss sebaiknya hindari hal demikian atau boleh memutar pakan asalkan di bawah jam 06.00 selanjutnya biarkan aja.

● Beri kipas secara full dalam artian sesuai kondisi semburan angin kipas ,ini untuk mengurangi dapat cuaca panas serta hawa panas dalam tubuh ayam broiler.

Saya sendiri sebagai peternak broiler juga masih belajar tetapi cara seperti ini sudah saya buktikan alhamdulilah ayam kondisi aman meskipun ada 1- 2 kejang saat ditimbang.

Dengan kita tahu serta belajar, lambat laun pasti bisa tentunya kita jangan takut berinovasi sejauh itu aman dan sehat buat ayam broiler.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status