Skip to main content

Inilah Cara Mudah Cucak Ijo Digantangan Mau Tampil

.
.
Semua penghoby cucak ijo mempunyai tips dan trik masing-masing untuk bisa menampilkan burung kesayangannya saat lomba, banyak yang terjadi saat burung mulai tingkah laku serta isian burung tidak bisa keluar.

Faktor ini terjadi akibat setelan serta kondisi burung kurang siap diantaranya :
1. Burung kondisi sulam, burung akan cenderung ngetem atau nyisir bulu aja.

2. Setelan burung belum pas, yang terjadi burung jalan sebentar kemudian loncat-loncat bahkan kelabakan terbang kesana kemari.

3. Over birahi, akibatnya burung hanya gembung juga nar*ung saat lomba.

Inilah Cara Mudah Cucak Ijo Digantangan Mau Tampil

Ok sekarang kita ke pokok masalah 

Tips supaya burung tampil saat dilapangan


Yang perlu diketahui merawat burung cucak ijo tidak hanya saat dirumah aja, ketika kita setting dirumah sudah pas belum tentu saat dilapangan sama saat dirumah.

Ketika dirumah burung biasanya hanya berkicau sendiri atau bisa jadi punya lawan 2-5, hal ini sangat berbeda dengan kondisi di lapangan sebab banyak sekali kendala mulai suara lawan sekitar saat belum digantang atau faktor lingkungan keramain lalu lalang dan sorak para penonton, tentu perlu mental yang kuat supaya cucak ijo tampil.

Perlakuan burung cucak ijo saat dilapangan

Yang harus kita lakukan saat dilapangan, jangan lupa kondisikan burung saat mau berangkat ke lomba mulai setelan, mandi serta kerodong dan setelah sampai dilapangan yang perlu dilakukan :

1. Usahakan jangan terlalu dekat dengan gantangan sekitar minimal 100 meter, bertujuan burung tenang dan tidak over birahi, kalau mendengar lawan maka burung juga tidak mau makan.

2. Buka kerodong saat sampai lapangan usahakan 5 menit aja sudah cukup dan lihat kondisi burung kalau udah ngentrok berkicau langsung tutup kembali.

3. Makanan ef, ini bisa diberikan sesuai setelan yang saat dirumah, misal setelan ef jangkrik, saat ini setelah burung dikerodong buka sedikit aja (kancingnya). Cara satu kemudian beri jangkring sampai puas biasanya 7 -10 ekor, cara dua misal ulat hongkong tambah 3 aja sebelum naik gantangan.

4. Masteri saat burung dikerodong sebelum waktu naik ke gantangan, usahakan nada agak pelan aja supaya burung tidak takut ,lakukan sampai mau naik gantangan.

5. Jangan dimandikan saat dilapangan, sebab membuat burung drop juga didis saat digantangan.

6. Saat tiba dilapangan tempatkan burung di tempat teduh dan usahakan jangan dicas (kecuali burung masih bakalan) supaya performent burung tetap fit dan mencegah burung kepanasan dan berakibat loncat atau didis.

7. Waktu naikan burung di gantangan usahakan gantang burung agak akhir supaya tenaga burung tidak ngembos (sesuai karakter ada juga yang tipe gantang duluan biar panas)

Silahkan dicoba dengan triks yang pernah saya lakukan , tetapi perwatan ini tidak pakem masing-masing burung mempunyai karakter berbeda-beda.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

Cara Tepat Mengatasi Cucak ijo Didis Di Gantangan

Tips Membuat Burung Cucak Ijo Tampil Nagen

DMCA.com Protection Status