Skip to main content

MENGANALISA KONDISI KESEHATAN DOC BROILER UMUR 1 HARI

Kondisi doc saat baru datang memang kondisi sehat jika perawatan kita tidak tepat akan menimbulkan berbagai macam kendala serta fisik ayam cacak saat dew*sa.

Dengan perawatan yang tepat maka ayam broiler akan sesuai berat baik masih kecil maupun waktu panen sehingga bobot dapat tercapai.

MENGANALISA KONDISI KESEHATAN DOC BROILER UMUR 1 HARI

Persiapan tempat sangat diperlukan sebelum doc datang dengan tujuan saat doc broiler ditempatkan kondisi suhu ruangan sudah sesuai sekitar 30℃  - 32℃ hal ini untuk mencegah ayam kedinginan.

Tetapi kadang kita lalai bahkan belum tau apakah ayam kedinginan atau udara pengap , semua ini sangat berpengaruh pada perkembangan ayam broiler.

Saat doc datang yang perlu kita lakukan memberikan cairan penganti dalam tubuh yang hilang saat perjalanan atau kondisi panas ketika ayam dibawa, untuk mencegah diperlukan pemberian vitamin juga oralit / air gula.

MENGANALISA KONDISI KESEHATAN DOC BROILER UMUR 1 HARI

Cairan tersebut sangat  berfungsi sekali buat doc sebab jika tidak diberikan biasanya ayam akan lumpuh atau kaki kering akibat kehabisan cairan dalam tubuh.

Perawatan saat doc ayam broiler datang


○ Segera buka kardus supaya doc cepat menghirup oksigen secara bebas

○ Hitung jumlah doc supaya kita tau sesuai jumlah saat kita memesan

○ Meneliti kondisi fisik doc jika ada kelainan segera pisahkan ditempat khusus supaya kita lebih intensif dalam merawatnya.

Mengenal kondisi kesehatan doc broiler


Sebagai peternak kita harus sigap dan cekatan menghapi kondisi ayam broiler jika terjadi kendala saat doc mulai kita masukan kandang broding.

Kondisi ayam kedinginan ini sangat perlu segera ada tindakan untuk mencegah ayam tidak gerombol mengakibatkan kematian karena tertidih teman -temannya.

Segera beri penambahan penghangat dengan lampu dop atau dengan pemanas elpiji juga bisa mengunakan pemanas lainnya kemudian amati jika memang sudah cukup maka aman buat doc.

Kendala seperti ini juga bisa menerapkan pemberian tirai bagian dalam kandang secara agak rapat tetapi harus diberi celah ruangan supaya oksigen dapat masuk kandang broding.

Jika doc ayam broiler kekurangan oksigen maka ayam cenderung menepi serta mulut terbuka (megap-megap) ini sangat membuat pertumbuhan doc lambat berkembang.

Sesekali kita juga perlu membuka tirai waktu pagi sampai sore hari tetapi pastikan juga kondisi cuaca jika kondisi dingin serta matahari belum terbit sebaiknya jangan dilakukan atau dibuka sedikit supaya oksigen masuk kemudian tutup kembali tirainya.

Kondisi doc ayam potong kepanasan


Faktor cuaca sangat berpengaruh pada doc dan model perawatan juga berbeda dengan kondisi suhu dingin, ketika doc kepanasan maka doc cenderung buka paruh kemudian nafas tersegal-segal ini menandakan kondisi panas cuaca atau bisa jadi kondisi skam lembab yang diakibatkan naiknya amoniak.

Segera buka tirai supaya oksigen masuk dan kurangi pemanas atau lampu pijar supaya kondisi suhu ruangan stabil.

Ciri doc dengan suhu ruangan yang tepat 


Untuk kondisi suhu ruangan yang pas buat doc biasanya ayam akan mencar tidak bergerombol juga ayam lincah serta makan lahap dan minum normal

MENGANALISA KONDISI KESEHATAN DOC BROILER UMUR 1 HARI

Dengan kondisi seperti ini maka ayam akan sangat cepat pertumbuhannya tentu gizi serta vitamin sangat diperlukan mulai memilih pakan yang berkualitas serta mempunyai kadar protein tinggi.

Pada dasarnya perawatan ayam broiler sangat mudah jika kita tau serta sigap menghadapi kondisi doc, tetapi faktor seperti ini sangat perlu kita belajar dari teman yang berpengalaman sebelum terjun ke peternakan ayam broiler.

Atau juga kita bisa belajar lewat media sosial dan group peternak ayam sehingga kita tau juga mengerti dikit demi sedikit nantinya juga bisa.

Tetapi jika kita cuma belajar tanpa praktek langsung ini lebih sulit bagi kita untuk bisa mengenal cara merawatnya, sebab merawat ayam broiler tidak semudah kita membayangkan seperti ayam jawa atau bangkok yang asal diberi makan.

Mulailah dari belajar pelihara sendiri 200 ekor atau 100 ekor dulu supaya kita bisa tau kondisi serta gejala peny*kit juga kesehatan ayam broiler, jika nanti kita terjun pelihara dalam skala besar lebih mudah dalam merawat. 
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status