Skip to main content

CARA MENGANTI BOHLAM LAMPU DEPAN MOTOR MATIC

Sebelum saya membahas topik utama, kita harus tahu penyebab utama bohlam lampu mati supaya kita sedikit belajar sendiri sehingga saat terjadi kerusakan darurat kita langsung bisa memperbaiki tanpa pergi ke bengkel.

CARA MENGANTI BOHLAM LAMPU DEPAN MOTOR MATIC

Sering kali kita mendapati lampu motor matic cepat mati tanpa kita sadari ada beberapa yang mempengaruhi hal itu terjadi diantaranya :

● Kondisi aki motor sudah usang / air aki habis hal ini sering terjadi akibat arus dalam aki tidak stabil yang menyebabkan arus listrik melonjak tanpa melewati aki.

Segera isikan air aki biasa aja harganya sekitar Rp 2000 - 3000, cukup murah bukan, tanda itu bisa kita lihat mulai saat stars motor tidak langsung bunyi dll.

● Kuprok motor sudah rusak tempatnya dekat aki di body motor berbentuk kotak yang menyebabkan arus AC dari kuparan koil motor tidak bisa memberikan arus pada aki sehingga arus langsung menuju bohlam lampu tanpa ada balance dari aki, untuk mengecek bisa mengunakan avometer (hanya yang berpengalaman)

● Sekering aki mati, ini terjadi bisa aja akibat lonjakan arus dari koil mesin motor sehingga sekering sebagai pengaman supaya aki tidak gampang rusak, segera copot ganti dengan sekering baru.

● Koil rusak atau arus tidak stabil ini yang membuat perangkat kelistrikan motor jadi terganggu tetapi untuk motor baru saya kira jarang skali kerusakan fatal, tandanya arus percikan pada busi lemah, jika arus melonjak bohlam lampu gampang mati.

Ciri bohlam lampu motor mati


Dalam keadaan kasat mata kita hanya bisa melihat lampu tidak nyala tetapi belum tentu hal itu karena lampu mati bisa jadi saklar yang menghubungkan ke lampu terdapat kerak sehingga lapisan tembaga tidak bisa konek.

Ciri bohlam lampu motor mati

Untuk mengetahui lanjutannya bisa dilihat dari bohlam lampu warna hitam dan juga serat dalam ada dua serat biasanya yang terputus lampu jarak pendek.

Cara membuka kap lampu motor matic


Siapkan kunci plus untuk membukanya, posisikan pada baut kiri kanan kap depan depan seperti gambar berikut ini

Cara membuka kap lampu motor matic

Copot baut dekat leher kap ada dua buah baut copot semua

Cara membuka kap lampu motor matic

Congkel kap sampai kap terbuka setelah itu anda bisa masukkan tangan untuk memutar soket dengan cara ditekan kemudian diputar ke arah berlawanan jarum jam

Cara memasang bohlam lampu motor


Setelah kita pastikan lampu mati selanjutnya pasang kembali bohlam lampu yang baru hampir sama saat kita mencopot masukan pin pada dudukan yang tepat kemudian tekan lalu putar searah jarum jam.

Cara memasang bohlam lampu motor

Setelah semua terpasang cek lampu apakah sudah hidup baik lampu jarak jauh atau dekat jika sudah pasang kembali kap dengan mengencangkan baut - bautnya dengan rapat.

Memasang lampu kota motor matic

Untuk pasang lampu kota lebih mudah dari pada lampu utama, yang perlu kita lakukan hanya cabut soket lampu dari bawah tanpa membuka kap

Memasang lampu kota motor matic

Selanjutnya copot bohlam dengan cara ditarik keluar dari pinnya, kemudian pasang bohlam lampu yang baru dengan ditancapkan pada dudukannya, selanjutnya pasang kembali pada dasbor lampu kota dengan menekan aja.

Mudah bukan, sebetulnya kita bisa memasang sendiri jika mau belajar semoga bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

DMCA.com Protection Status