Skip to main content

PELUANG USAHA KUE DAN MAKANAN TRADISIONAL JAWA TIMUR

Jajanan tradisonal sangat mudah kita olah dan sangat lezat juga nikmat, kue serta makanan jawa timur juga tidak kalah dengan kue modern.

Bahan kue jajanan tradisional


Memilih bahan berkualitas sangat diperlukan supaya saat diolah mudah rasanya pun lebih nikmat dari pada bahan yang kurang bagus.

PELUANG USAHA KUE DAN MAKANAN TRADISIONAL JAWA TIMUR

Misalkan aja mau buat gethuk atau kue lapis jika bahan ketelanya kurang bagus seperti ngeli/ keras sesudah direbus sudah pasti saat di giling tidak bisa lembut.

Pemilahan ketela jenis empur lebih mahal dikit tetapi enak serta rasanya lembut dilidah tetapi untuk memilih bahan tersebut kita harus jeli dan teliti.

Jenis jajanan tradisional jawa timur


1. Kue lapis
Bahan baku utama kethan sama beras yang diolah dan dimasukan plastik bisa juga daun pisang kemudian direbus setelah matang seperti lontong kemudian diiris - iris tipis menyamping kemudian disajikan dengan ditaburi gula merah yang sudah cair.

2. Gethuk
Membuat gethuk sekarang sudah variasi mulan mengunakan mesin manual yang diputar sehingga lebih halus dan untuk proses manual biasanya setelah ketela direbus

Kemudian dipisahkan seratnya yang ditengah ketela kemudian saat panas langsung ditumbuk / dijojohi dan ditambahkan sisiran gula merah juga gula putih proses ini dilakukan sampai halus ini sangat diperlukan supaya tekstur gethuk lembut

3. Kicak
Pembuatan jajanan ini bahan dasarnya sama yaitu ketela tetapi proses pengolahan yang berbeda, untuk caranya ketela dikupas kemudian dibersihkan dengan air lalu diparut halus selanjutny didang/ditanak sampai matang, setelah matang dikeluarkan dan di diamkan sampai dingin kemudian diiris tipis, untuk menyajikan ambil irisan kicak 10 atau lebih kemudian taburi dengan air gula merah yang telah direbus.

4. Cenil 
Kue ini sebetulnya hampir sama cara penyajiannya dengan kicak hanya saja bahanny dari tepung ketela/ kanji yang diuleni /jeloni dengan air panas dibentuk bulat memanjang kemudian ditanak / didang sampai matang selanjutnya dingin diiris tipis dan diberi air gula merah.

5. Klepon
Merupakan jajanan yang didalamnya dimasuki gula merah yang disisir, bahan yang dipakai dari ketan dijeloni dengan air mendidih kemudian dibentuk bulat - bulat dan dalamnya diisi gula merah kemudian direbus dengan air tunggu sampai matang

Cara menyajikan kue klepon


Sebetulnya penampilan klepon kebanyakan warna hijau alami dari daun pandan yang diblender diambil airnya sebagai pewarna.

PELUANG USAHA KUE DAN MAKANAN TRADISIONAL JAWA TIMUR

Proses menyajikannya sebetulnya tidak sulit hanya saja kita perlu kelapa parut yang ditaburkan diatasnya, rasanya nikmat serta ada aroma pandan.

Makanan tradisional khas jawa timur

● Nasi pecel
Santapan makanan dipagi hari yang mudah cepat disajikan, bahan utamanya kacang tanah yang di haluskan diberi bumbu sambal gula merah dan bahan pelengkap lainnya kemudian dihaluskan sampai membentuk karamel lalu saat menyajikan ambil secukupnya kemudian beri air panas aduk sampai karamel bumbu pecel cair dan taburkan di atas nasi bersama sayuran lainnya seperti toge / capar dan diberi kerupuk.

● Punten pecel
Membuatnya dari bahan yang mudah didapat beras di campur santen direbus diaduk - aduk sampai sat kemudian ditanak /dang lalu ditumbuk sampai halus selanjutnya ditempatkan pada loyang dan setelah dingin dipotong kotak untuk menyajikan hampir sama dengan nasi pecel cuma yang membedakan nasinya aja.

● Sompel
Bahan utamnya lontong , beras dimasukan dalam plastik 1/4 bagian dan sisakan ruang supaya ada tempat mengembang saat direbus, setelah matang diris sesuai selera kemudian diberi janganan seperti lodeh tewel, koro atau lainnya.

● Jadah
Jajanan yang sering buat acara hajatan terbuat dari ketan diberi kelapa parut ditanak diberi garam secukupnya kemudian dijojoh / ditumbuk sampai halus atau kenyal dan setelah dingin bisa dipotong kotak - kotak sesuai ukuran.

● Wajik
Ketan ditanak sampai matang kemudian siapkan air gula yang direbus dengan air secukupnya aduk - aduk sampai mendidih kemudian masukan ketan yan sudah ditanak / didang tadi dikit demi sedikit kemudian aduk sampai air sat jaga supaya tidak gosok terus diaduk.

Harga jajanan pasar tradisional

Masalah harga tergolong murah kita bisa beli Rp 3000 - 5000 yang enak dari pembelian kita tidak dipatok harga harus sekian tergantung kita mau beli per pincuk / contongnya dengan berapa bajet.

PELUANG USAHA KUE DAN MAKANAN TRADISIONAL JAWA TIMUR

Dari harga makanan ini tidak pasti biasanya dipatok per porsi berapa misalnya nasi pecel sekitar Rp 6000 lebih dikit atau untuk wajik, jadah dan sopel tergantung sang penjual mematok harga berapa.

Pada dasarnya jenis usaha ini simpel meskipun harga murah mempunyai peluang usaha yang menjanjikan hasilnya.

Cara memasarkan jajanan tradisional


Menentukan target disini sedikit mempunyai peranan penting tetapi tidak terlalu tergantung kita kemana pemasaran yang tepat. 

Biasanya makanan serta jajanan ini banyak terdapat dipasar - pasar atau dibuat lapak didepan rumah bisa juga cafe yang khusus menyajikan jajanan seperti ini atau bisa juga ikut pameran biasanya ada setiap daerah saat basar/ pasar murah dan sebagainya.

Kendala yang dihadapi dalam memasarkan jajanan tradisional

Yang sering kendala terbesar diantarannya jajanan cepat basi hal ini sangat kita perlukan pengganan secara khusus misalnya sebelum basi bisa ditanak lagi atau tempat untuk menyimpan harus tepat dan sesuai sehingga makanan bisa tahan agak lama.

Modal untuk membuat jajanan pasar yang utama bahan baku yang mudah didapat juga tempat lapak bisa menggunakan gerobak atau lebih mudah cuma pakai meja aja tetapi untuk meja biasanya tidak bisa berpidah - pindah tempat

Untuk lokasi rumahan pilihlah tempat serta sarana bagus juga mudah dilihat orang seperti dipinggir jalan dan pasang spanduk kecil jenis jajanan yang anda jual sehingga pelanggan lebih tertarik untuk datang ke lapak anda.

Sebagai penutup dalam keberhasilan usaha perlu adanya rasa yang ciri khas sehingga pelangan akan mencari dagangan anda Peluang usaha jajanan pasar
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status