Skip to main content

Cara Mengobati Penyakit Pernapasan ayam Dengan Herbal

Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan pernapasan pada ayam broiler. Yang sering terjadi karena adanya perubahan musim.

Cara Mengobati Penyakit Pernapasan ayam Dengan Herbal
                                                                         
Manajemen kandang yang kurang bagus sehingga amoniak dalam kandang tinggi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kelembaban udara pada musim hujan yang mengakibatkan sekam cepat basah dan harus segera ditangani misal dengan memperbaiki sekam atau bisa dengan cara membolak-balik sekam sehingga kondisi tetap keadaan kering.
   
Kurangnya pencahayaan  dalam kandang mengakibatkan sekam/liter cepat lembab yang menimbulkan amonik tinggi berdampak pada ayam mengakibatkan snot,wajah lebam,parahnya lagi bisa CRD Komplek.

Kondisi kandang tidak nyaman,angin tinggi saat musim hujan membuat ayam stress dan pertumbuhan mikroorganisme penyakit, menyebabkan penyakit ayam meningkat.

Anatomi ayam yang tidak menpunyai saringan pembatas hidung dengan rongga mulut dan amoniak menyebabkan iritasi salauran pernapasan sehingga mudah terserang penyakit pernapasan.

CRD ini adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan saluran pernapasan,ketika udara kotor/amonik tinggi maka akan terhirup ayam yang dapat merusak sel-sel saluran pernapasan.

   Gejala yang ditimbulkan ayam bersin-bersin, wajah lebam,ngorok,maupun keluar lendir dari hidung.maka jika ini tidak segera ditangani ayam akan mengalami penurunan bobot,juga penyakit lain akan timbul.

Dengan ini segera lakukan penangganan secara tepat.


Penyakit ini sebenarnya bisa diobati menggunakan tanaman herbal disekitar kita.

1. Obati ayam menggunakan kunyit

Obati ayam 3 hari berturut-turut sebelum terjadi,misalkan ayam sakit cekrek/ngorok hari ke 15 maka sebelum ayam sakit mulai H12 harus segera diberi kunyit selama 3 hari.

2. Daun Pepaya

Tanaman ini banyak dijumpai disekitar rumah yang sangat bermanfaat mengobati CRD

3. Daun sereh dan Bawang Putih

Ini sangat bermanfaat buat mengobati penyakit CRD , dengan cara diblender atau dihaluskan.jangan lupa liter harus dalam keadaan kering tidak lembab sehingga amonik tidak tinggi dan selalu berdoa minta kesembuhan kepada allah.

   Sekian yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat

.
.

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cucak Ijo

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

DMCA.com Protection Status