Skip to main content

Strategi Vaksinasi Gumboro Ayam Broiler Lewat Air Minum

Ayam pedaging sangat rentan terhadap perubahan musim serta kondisi air maupun kualitas pakan yang jelek sangat mempunyai terhadap kesehatan ayam broiler. Banyak ditemukan khasus penyakit gumboro.

Strategi Vaksinasi Gumboro Ayam Broiler Lewat Air Minum

Untuk mengobati penyakit gumboro sangat sulit usahakan sebelum ayam sakit secepatnya di lakukan vaksinasi.

Mencegah penyakit gumboro pada ayam


Mencegah lebih baik dari pada mengobati usahakan waktu ayam kena gumboro pisahkan dari temannya dan diberi vitamin serta air gula ,hobbykece pernah melakukan uji coba jika ayam keadaan sakit diberi antibiotik ayam banyak yang mati.

Untuk air minum beri klorin supaya bakteri yang ada dalam air mati dan juga selalu setiril / dibersihkan tempat minum dengan disfektan.

Pakan yang diberikan jangan sampai keadaan jamuran ganti yang bagus.

Vaksinasi gumboro sangat dibutuhkan ayam broiler supaya ayam kebal terhadap penyakit gumboro.

Penyakit ini menyerang hati ayam sehingga ayam sulit menetralisir racun dalam tubuh, biasanya ayam lesu nafsu makan berkurang juga dapat menyebabkan kematian dalam jumlah banyak.

cara vaksinasi gumboro pada ayam broiler


Langkah ini sangat di anjurkan hobbykece supaya menekan angka kematian yang lebih besar.

Strategi Vaksinasi Gumboro Ayam Broiler Lewat Air Minum

Lakukan vaksinasi dengan tepat supaya semua ayam dapat memperoleh vaksin secara merata.

1. Simpan vaksin sebelum digunakan dalam lemari es atau bisa menggunakan es batu dan mempertahankan vaksin dalam keadaan dingin vaksin aktif ini bisa mati terhadap suhu panas.

2. Sehari sebelum vaksin ayam harus diberi vitamin agar ayam sehat dahulu baru vaksin diberikan.

3. Pilih vaksin medivac gumboro A agar vaksin bisa 1 x aja tanpa menggulang lagi.

4. Sebelun divaksinasi puasakan ayam dengan cara ditarik tempat minum selama 2 jam.

5. Pemberian vaksinasi menurut saya lebih baik 2 x dosis sehingga kekebalan ayam lebih dan ayam dapat minum secara merata.

6. Waktu pemberian vaksin umur ayam 15 hari supaya ketahanan serta kesehatan sudah bagus dan mampu diberi vaksin gumboro.

7. Isi bak sesuaikan jumlah ayam broiler , dengan menyiapkan wadah  dapat menaruh vaksin dengan mudah, perkirakan setiap tempat minum beri 1 liter air, misal ada tempat minum 14 maka isi bak dengan 14 liter dan tambahkan medimilk sedikit aja supaya logam dalam air hilang dan juga bisa memperbaiki mutu vaksin kemudian aduk - aduk tunggu sekitar 15 menit agar medimilk bekerja, kemudian buka vaksin medivac gumboro A dan masukkan kedalam bak tadi kemudian aduk-aduk segera taruh di masing-masing tempat minum dan berikan kepada ayam broiler.

8. Tunggu vaksinasi selama maximal 2 jam/ air vaksin habis juga pastikan ayam sudah minum vaksin gumboro dan angkat botol minum setelah 2 jam.

9. Setelah vaksinasi selesai ganti airi minum yang telah beri vitamin (vit*chick, fort*vit) serta paras*tamol , yang dicampurkan kedalam air dengan tujuan mengurangi strees serta panas dalam tubuh ayam broiler.

Menurut saya vaksinasi ini sangat penting menjaga supaya ayam tidak kena penyakit gumboro, dengan kondisi ayam sehat maka nafsu makan ayam meningkat dan jadi daging.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

DMCA.com Protection Status