Skip to main content

Tips Memperbaiki Aki Basah Kendaraan Soak

Aki untuk kendaraan bermotor sekarang harganya kisaran Rp 140.000 dengan dengan harga yang dibilang lumayan, untuk antisipasi agar accu awet perlu tindakan pemeliharaan rutin supaya umur aki lama.

Tips Memperbaiki Aki Basah Kendaraan Soak

Semua ini sering diabaikan pengguna kendaraan tetapi memang ada juga yang tidak tau sama sekali cara merawatnya. Dengan asumsi kendaraan distart tidak bisa menandakan aki lemah atau sudah mati.

Sebenarnya kalau kita mau belajar juga pasti bisa. Tentu dengan perawatan maka kita bisa menghemat biaya operasional kendaraan bayangkan kalau misal tiap tahun ganti aki dah berapa biayanya, belum juga perawatan lainnya seperti rantai aus, ban tipis, busi mati, lampu mati dan lainnya.

cara merawat aki supaya tahan lama


Hal yang pertama perlu dilakukan untuk merawat aki /mendeteksi kerusakan tidak begitu sulit sebagai berikut :

1. Apabila aki saat posisi start/on tidak kuat angkat strum, yang harus dilakukan buka jok atau penutup aki kemudian buka semua baut plastik yang ada pada lubang aki dan isi dengan air aki biasa, kisaran harga Rp 2000 masukan sampai diantara batas bawah dan atas ,ada kode stripnya di luar kotak aki lalu pasang lagi start sebentar biar strum terisi

2. Kendala lain bolam lampu sering mati akibat arus naik tanpa ada filter di aki, ini kebanyakan air aki sudah kering /soak dan air dibawah standar, isi kembali.

3. Strum tidak ada sama sekali, periksa skering yang ada dekat aki, buka penutup skering dan lihat apakah kondisi skering mati ganti baru.

4. Aki masih baru tetapi tidak bisa terisi, kemungkinan kuprok /komponen untuk mengisi strum aki dari mesin rusak, posisinya kuprok dekat aki, periksa dengan menggunakan avometer atau bisa dengan kuprok yang lain.

cara memperbaiki aki kendaraan mati


Untuk aki sendiri terdiri dari elemen yang ada didalamnya untuk menyimpan arus listrik/ strum, yang sering kali terjadinya penumpukan kerak akibat proses panas dan gelumbung sehingga aki gampang tekor karena element - elementnya tertutup kerak.

. Siapkan alat seperti obeng plus min untuk membukan aki dari kap kendaraan.

. Air panas untuk membersihkan kerak-kerak pada element.

Langkah perbaikan aki ini bisa dilakukan dengan cara sperti ini :

a. Buka semua penutup aki dengan menggunakan obeng dengan hati-hati supaya baut aki tidak patah sehubungan baut terbuat dari bahan plastik.

b. Buang semua isi aki dan balik sebentar supaya air keluar semua.

c. Masukkan air panas ke dalam aki 1/2 dari aki kemudian kocok-kocok beberapa kali terus buang (ulangi beberapa kali supaya kerak atau kotoran keluar), jangan lupa pakai kain buat pegang karena panas.

d. Masukkan accu suur banyak dijual ditoko kendaraan, isi sampai diantara batas bawah/atas tunggu beberapa menit.

e. Pasang kembali aki dan star motor dengan manual beberapa menit supaya aki terisi strum, kalau belum terisi motor bisa buat jalan sebentar ada strum masuk.

Dengan melakukan tips ini semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu belajar.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status