Skip to main content

Burung Cucak Keling Cocok Untuk Masteran Murai

Cucak keling mempunyai corak warna hitam agak kebiruan dan mata merah menyala, burung ini mempunyai ciri khas suara speed rapat juga lantang tetapi ada jeda berupa siulan dengan gaya okor mangut-mangut saat berkicau, burung cucak keling sangat cocok untuk masteran murai batu (MB).

Burung Cucak Keling Cocok Untuk Masteran Murai

Burung murai mempunyai speed rapat sangat mempunyai nilai lebih di mata juri, tetapi untuk bisa berkicau rapat diperlukan masteran seperti cucak keling yang sangat bagus buat murai, pemasteran bisa dilakukan dengan cara murai harus dalam keadaan dikerodong agar murai tidak takut dan tumbuh mentalnya sebab burung cucak keling mempunyai kicauan lantang, atau bisa waktu pemasteran agak jauh diberi jarak sekitar 10 meteran supaya aman murai tidak stress.

Sebenarnya burung cucak keling mempunya karakter hampir sama dengan cucak ijo, dengan bulu berdiri disekitar leher saat berkicau.

Cara merawat burung cucak keling

Untuk merawatnya sebenarnya tidak susah kalau burung cucak keling sudah agak jinak kecuali masih liar itu yang perlu penjinakan dulu.

1. Mandi burung semprot pakai spray halus tiap pagi

2. Penjemuran bisa dilakukan selama 1 jam mulai pukul 08.00-09.00 jangan lupa air serta makan tetap disediakan

3. Extra fooding untuk pagi sore ditambahkan jangkrik 3 tambah ulat hongkong 5, untuk makanan utama bisa mengunakan buah - buahan seperti pisang, apel,pepaya.

4. Umbaran bisa dilakukan tiap 1 minggu sekali selama 3 jam.

5. Vitamin alami bisa ditambahkan gula merah dalam air minum secukupnya.

Dengan merawat secara kontinyu burung cucak keling akan mudah berkicau tanpa rasa takut.

Cara Menjinakan burung cucak keling

Supaya burung cepat berkicau, cucak keling harus digantung di keramain dengan tinggi sekitar 1,5 meter dari tanah, sebab dengan dibiasakan burung beradaptasi dengan lalu lalang orang serta keramaian burung akan mudah jinak sehingga cepat berkicau.

Mandi basah waktu pagi sebelum dijemur ini sangat mudah burung cucak keling jinak tetapi lihat kondisi burung jika tidak sehat jangan dipaksakan segera beri vitamin.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

CARA MUDAH MERAWAT BURUNG KEMADE RAJIN BUNYI

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status