Skip to main content

Cara Merawat Dan Menjinakkan Burung Trucukan

Burung dengan gaya kicauan trecetan pendek-pendek ini hampir sama species dengan burung kutilang, biasanya burung trucukan hidupnya di hutan atau sekitar tanaman yang rindang.

Burung trucukan sangat cocok buat kicauan dirumah kalau buat masteran burung lomba kurang bagus, sebab jika dibuat masteran kecenderungan burung lain suara kicauan hanya monoton / ngukluk.

Cara Merawat Dan Menjinakkan Burung Trucukan

Cara merawat burung trucukan
Pola perawatan burung ini sangat mudah makanan utamanya hanya buah-buahan seperti pisang, pepaya atau buah lainnya yang teksturnya lunak, pola perawatan yang bisa diterapkan untuk burung ini sangat simpel.

1. Pemberian makanan sebaikan digonta - ganti supaya burung tidak jenuh dengan makanan yang sama, makanan selain buah bisa juga diberikan pelet/pur sebagai makanan pelangkap.

2. Mandikan burung sesekali dengan cara semprot spray lembut agar burung tetap segar dan mudah berkicau.

3. Penjemuran bisa dilakukan 1 jam setiap pagi setelah mandi

4. Pengerodongan, ini tergantung sesuai keinginan kita

5. Minum, selalu sediakan air minum yang bersih, ganti air setiap hari dan beri vitamin seminggu sekali

6. Pembersihan kotoran dalam sangkar sangat perlu diperhatikan, sebab penyakit dapat timbul melalui kotoran, bersihkan setiap hari agar kesehatan burung tetap terjaga.

Menjinakkan burung trucukan secara mudah

Biasanya kita sering lihat burung bila ketemu orang langsung kelabakan menabrak sangkar sebab burung masih liar kebanyakan tangkapan hutan kecuali merawat dari kecil sudah pasti jinak, untuk menjinakkan trucukan liar sebagai berikut.

. Full kerodong saat burung baru datang beri makanan buah dulu jangan pakai pelet sebab burung masih mengkondisikan dengan kebiasaan burung saat di hutan, kita tinggal mengecek makan minum setiap hari dan pastikan selalu ada lakukan ini selama seminggu , selanjutnya buka kerodong setengah aja supaya burung dapat adaptasi lakukan selama seminggu, kalau burung sudah tidak kelabakan mulai buka full kerodong.

. Mandi basah, lakukan penyemprotan setiap pagi sore sampai basah kemudian angin - anginkan lakukan setiap hari supay burung cepat jinak.

. Gantung burung dekat keramean lalu lalang orang, untuk ketinggian gantungan usakan rendah aja agar burung mentalnya kuat.

. Perawatan malam bisa dimandikan sekali aja pukul 20.00 dengan spray halus tetapi jangan sampai basah karena dapat membuat kesehatan burung drop.

. Lakukan penjemuran selama 3 jam jangan lupan makan minum selalu tersedia.

Itulah kiat perawatan burung trucukan yang bisa dijadikan acuan, sebenarnya pola perawatan burung itu tidak ada yang pakem tergantung kita bisa mengkondisikan aja dan jangan takut berinovasi selama tidak merugikan kesehatan burung.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status