Skip to main content

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

Membuat tempat minum ayam pedaging / broiler juga perlu memperhatikan ketinggian tandon air, perkirakan agar air bisa turun ke wadah minum dan usahakan jangan terlalu tinggi demi keamanan supaya tandon tidak roboh.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

Peralatan yang diperlukan membuat instalasi tempat minum diantaranya 

● Pipa air ukuran sanyo sekitar 2 dim
● Kran pipa
● Selang tempat minum (satu paket saat membeli)
● Lem pipa
● Bor paralon dan gergaji

Yang kita lakukan sebetulnya sama seperti membuat instalasi air minum kita sendiri, mudah tidak ribet tetapi perlu ketlatenan.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

Cara membuat instalasi tempat minum ayam broiler


1. Membuat panel tempat isi vitamin atau klorin dengan cara membuat pipa agak besar seperti dibawah juga beri kran penutup supaya bisa mengatur kapan harus dimasukan bahan vitamin tersebut.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING


2. Buatlah penyangga tandon yang kuat serta posisikan tandon berdekatan dengan kandang ayam supaya lebih hemat pipa, kemudian beri penutup atas supaya sinar matahari tidak tembus ke penampungan air.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

3. Pasang kran menuju tempat minum otomatis dengan tujuan saat kita memberi vitamin yang masuk ke tandon tidak langsung ke tempat minum ayam, sehingga vitamin dapat tercampur di tandon dahulu.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

4. Panel penyambung ke wadah minum ayam, ini bisa kita bor dan tancapkan klem selang air minum kemudian rekatkan dengan lem.

INSTALASI TEMPAT MINUM OTOMATIS AYAM PEDAGING

Periksa semua kondisi pipa apakah ada kebocoran atau tidak, selanjutnya kita uji coba dahulu dan memastikan semua instalasi dapat berjalan sempurna mulai pipa pencampuran vitamin sampai ke tempat air minum otomatis ayam pedaging.

Pengujian kita lakukan dengan tujuan supaya jika ada kebocoran pipa segera bisa diperbaiki dan jika sudah kita masukkan ayam kemudian intalasi belum sempurna maka yang terjadi fatal pada ayam.

Mulai skam basah juga ayam tidak ada asupan air minum yang memadai, sehingga kita malah kerepotan, untuk mencegah hal ini perlu uji coba dulu intalasinya.

Keuntunggan menggunakan tempat minum otomatis


Dengan alat seperti ini kita sangat dimudahkan sehingga tenaga kita lebih berkurang serta praktis tetapi biaya untuk membuatnya itu yang agak mahal dibandingkan dengan yang manual.

Semoga anda bisa mencobanya, terimah kasih.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

Memilih 6 Masteran Cucak Ijo Lomba Yang Tepat

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

CARA MEMILIH TANGKRINGAN CUCAK IJO YANG TEPAT

DMCA.com Protection Status