Skip to main content

Peluang Usaha Budidaya Bibit Ikan Gurami

.
.
Pembibitan ikan gurami saat ini mempunyai prospek yang lumayan bagus dari pada pembesaran ikan gurami yang harganya naik turung.

Persiapan memulai usaha ikan gurami sebenarnya tidak begitu sulit yang perlu kita siapkan

1. Lahan kolam plester minimal ukuran 8 x 5 meter.
2. Penutup kolam bisa menggunakan paranet atau daun kelapa
2. Telor gurami
3. Cacing sutra
4. Sentrat udang, F999, 781-1
5. Sanyo pengisi air
6. Vitamin serta ob*t - ob*tan

Cara budidaya pembibitan ikan gurami


Setelah semua persiapan sudah lengkap langkah selanjutnya yang perlu kita kerjakan

Peluang Usaha Budidaya Bibit Ikan Gurami

a. Kolam setelah jadi biasanya masih bau semen yang perlu kita lakukan isi dengan air sekitar 0.5 meter biarkan selama 1 minggu supaya bau semen hilang dan tambahkan sedikit pelepah pisang, setelah itu buang airnya kemudian bersihkan dan hari pertama isi kembali air dengan kedalaman sekitar 30 cm kemudian beri probiotik ikan sedikit aja sekitar 7 tutup botol probiotik dan beri genteng setiap pojok kolam dengan tujuan untuk sarang atau sembunyi ikan biar tidak stress setelah itu tutup kolam dengan paranet / daun kelapa supaya sinar matahari tidak langsung kena air yang dapat menyebabkan suhu air meningkat.

b. Penaburan telur gurami pada besok harinya, masukan telur gurami dengan hati -hati supaya telur tidak busuk, untuk telur gurami biasanya per paket isi 10.000 dengan harga 350.000 - 450.000 dan untuk kolam 8x5 meter bisa diisi 1 -2 paket, Kemudian cek kembali penutup kolam usahakan agak rapat, setelah 1 - 2 hari biasanya telur udah menetas dan jangan beri pakan dulu.

c. Hari selanjutnya setelah ikan menetas maka ikan masih ada kantong makanan diperutnya warna kuning seperti telur dan biarkan selama 7 hari setelah menetas, langkah selanjutnya hari ke 7 beri cacing sutra sekitar 10 kaleng , jika besoknya cacing sutara habis bisa ditambahkan lagi sampai hari ke 22, pada hari ke 22  kotoran didasar kolam bisa dibersihkan dengan cara keluarkan air lewat pembuangan sambil dibersihkan dengan tangan atau kaki dan usahakan  air dalam kolam jangan sampai terbuang 50 % dari kedalaman 30 cm tadi, supaya ikan tidak stress atau ikan akan mengambang atau mati sebab air baru kebanyakan ikan akan beradaptasi lagi dan tidak bagus buat ikan dan penutup kolam bisa dibuka separuh aja posisikan penutup ditengah kolam.

d. Pada hari selanjutnya sekitar H 23 bisa mulai diberi setrat udang dengan cara, taruh sentrat udang dalam baskom kecil secukupnya aja kira 1 gegam tangan kemudian tambahkan air panas dikit demi sidikit sambil diaduk -aduk sampai kenyal jangan sampai ecer lo usahakan kental.

Kemudian bentuk butiran kecil -kecil dan berikan pada ikan tiap sudut kolam (untuk tahap ini pemberian pakan tidak boleh lebih sampai umur 30 hari sebab ikan nanti kekenyangan dan mati) ini bisa dilakukan selama 40 hari.

e. Setelah itu umur 40 hari mulai diberi pakan udang dengan cara ditabur aja ikan sudah kuat (jangan lupa jika kotoran sudah banyak atau air sudah mulai keruh segera bersihkan) dan berikan pakan udang sampai habis 1 sak tadi.

f.  Penjaranggan /pelebaran kolam biasanya kalau udah usia  1,5  bulan kolam sudah padat, dan lakukan pemindahan ke kolam lainnya supaya pertumbuhan ikan cepat tidak kerdil jangan lupa pengisian untuk kolam lainya airnya harus sudah wayu/lama sekitar 5 hari dari pengisian air dan ketinggian air bisa dinaikan sekitar 40 cm.

Pada usia ini kita bisa memulai menyotir ikan yang ukuran besar di sendirikan supaya pertumbuhan ikan yang kecil tidak lambat dan untuk yang ikan kecil bisa ditambahkan konsumsi pakannya.

g. Setelah setrat udang habis bisa diberikan setrat F999 atau merk lain juga bisa yang ukuran butiran kecil sampai habis 1 sak.

h. Pada tahap selanjutnya bisa diberikan setrat dengan butiran agak besar seperti 781 - 1 sampai bibit terjual.

i. Ikan jika udah usia diatas 3 bulan ketinggian air bisa ditambah 75 cm - 1 meter dan usahakan selalu membersihkan kotoran ikan didasar kolam .

j. Pemberian probiotik ikan bisa dilakukan dengan cara ditabur dalam air kolam dengan cara misal 1 timba sekitar air 16 liter maka ditambahkan probitik 1/2 botol kemudian diaduk-aduk dan ditabur ke tiap kolam sebulan sekali dengan tujuan membunuh bakteri jahat dan membuat bakteri baik sebenarnya probiotik sendiri mengandung mikroba baik yang sangat menguntungkan buat pertumbuhan ikan.

k. Usia panen bibit gurami juga tergantung kita sendiri mau menjual ukur 2 cm, silet, korek atau ukur diatasnya , biasanya yang bagus ukur korek sudah lumayan kisaran harga Rp 800 - 1000 sudah lumayan menguntungkan untuk umur diantara 5 bulan dari mulai tabur telur ikan gurami.

Gejala penyakit ikan gurami


Untuk budidaya ikan gurami juga ada kendala kesehatan, penyakit yang sering terjadi diantaranya 

- sirip kropos, ikan mengambang ini akibat air terlalu jernih sehingga sinar matahari langsung mengenai ikan, lakukan tindakan dengan cara memberi penutup kolam dengan daun kelapa atau tumbuhan air enceng gondok atau kangkung dan beri peng*bat*an pada ikan dengan am*xil*n atau ob*tan yang lainya, dan untuk air bisa diambilkan dari kolam sebelah yang sudah wayu setengah aja.

- tubuh ikan bengka, mata bengkak, yang sering terjadi ini akibat kualitas air kurang bagus juga akibat konsumsi pakan berlebihan, cara penanganannya ganti air 30 % dari ketinggian air misal air kolam 1 meter bisa dikurangi 30 % lemudian tambah air baru.

Untuk pakan sebelum memberikan pada ikan sebaiknya dibasahi dulu dengan air supaya setrat tidak melar dalam perut ikan gurami, peng*bat*n bisa diberikan antibiotik (campur di setrat) dan juga bisa ditambahkan probiotik.

Keberhasilan budidaya ikan gurami juga tergantung cuaca serta kondisi air yang dipakai, hal ini sangat mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan ikan. Semoga artikel ini bermanfaat.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Mengatasi Cucak ijo Didis Di Gantangan

Ternyata Mandi Sauna Untuk Burung Cucak Ijo Makin Ngacor

Terapi Kandang Umbaran Untuk Murai Batu Jawara

2 Cara Mudah Setel Burung Cucak Ijo

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

DMCA.com Protection Status