Skip to main content

MANAJEMEN BUKA TUTUP TIRAI AYAM BROILER/POTONG

Menjaga kesehatan ayam broiler sangat penting karena pengaruh pertumbuhan ayam broiler.

Suhu ruangan yang terlalu penggap maka akan mendatangkan penyakit seperti cekrek atau snot, kadang kita sebagai peternak menggabaikan yang seperti ini.

MANAJEMEN BUKA TUTUP TIRAI AYAM BROILER/POTONG

Perlu diingat peran kita dalam merawat doc sejak mulai datang harus sangat teliti dan hati-hati, hal ini untuk mencegah lambatnya pertumbuhan saat atam mulai dewasa, banyak ayam kerdil, lumpuh bahkan komplikasi cdr komplek.

Untuk mencegah hal demikian perlu kita menerapkan manajemen kandang yang tepat serta memperhatika suhu ruangan.

Jika suhu dingin segera lakukan pemanasan atau sebaliknya jika suhu panas tambah pendinginan dan menerapkan sistem buka tutup tirai pada kandang ayam broiler.

pembahasan yang kami bagikan tentang buka tutup tirai luar kandang open house.

Hal yang perlu kita lakukan penempatan sistem tirai yang mudah kita tutup secara manual sehingga semakin ringan kerjaan kita saat mendadak harus dibuka.


Cara menerapkan buka tutup tirai ayam broiler


MANAJEMEN BUKA TUTUP TIRAI AYAM BROILER/POTONG


1). Saat ayam datang usahakan kondisi tirai luar ditutup rapat beri sedikit celah atas atau bawah sekitar 10 cm supaya udara luar bisa masuk ke dalam pada waktu pagi sampai sore hari.

Untuk malam hari sebaiknya.ditutup untuk menstabilkan ruangan agar tetap kondisi hangat suhu sekitar 30°C- 32 °C supaya ayam doc seperti kehidupan saat didekap / mengeram indukannya lihat gambar nomer satu selama 1 hari full bisa tambahkan pemanas bila suhu berkurang untuk satu hari pertama.

2). Untuk hari kedua waktu pagi hari mulai matahari terbit buka tirai bawah sekitar 0.5 meter dengan tujuan agar sirkulasi udara bisa bergantian lakukan sampai sore hari kecuali jika suhu dingin sebaikanya turunkan tirai setelah 2 jam dibuka tutup lagi.

Pada malam hari tutup kembali tirai supaya ayam tidak kedingginan sebab jika kedingginan maka pertumbuhan serta ayam cenderung menggumpul berdesakan yang menimbulkan kematian.

3). Pada pagi hari sisi samping kandang buka tetap 0.5 meter dan untuk sisi depan usahakan buka agak luas sekitar 1,5 - 2 meter supaya oksigen masuk lebih banyak menghindari penggap dan amoniak kandang sehingga ayam tetap sehat untuk waktu malam seperti biasanya tutup total

4). Penerapan hari berikutnya saat matahari terbit sampai sore hari buka tirai 1,5 meter menyeluruh sisi ruangan kandang kemudian untuk sore hari bisa tutup kembali.

5). Hari kelima kita bisa membuka sisi samping 0.5 -1 meter kemudian sisi depan buka full , sebab diumur lima hari ayam sudah memerlukan udara segar dan sudah agak kuat dengan suhu sekitar 29 °C lalu untuk malam hari tutup kembali tirai untuk meghindari suhu dingin.

6). Selanjutnya hari enam bisa mulai buka total saat pagi sampai sore hari untuk malam hari sama seperti biasa

Cara memberi pemanas ayam pedaging


Menjaga suhu tetap hanggat sangat diperlukam mulai H1 pemanasnya 24 jam untuk hari selanjutnya sampai umur 8 hari diberi pemanas pada malam hari sampai pagi sebab disaat usia ini masih perlu penghangat yang cukup, kadang yang sering suhu dingin mulai jam 20.00 - 06.00.

Mengenai buka tirai sebaiknya sesuaikan suhu lingkungan perternak sebab setiap daerah tidak sama, intinya jika umur 1 - 10 hari kita harus sigap dan tangap mengatur suhu ruangan bila dingan segera beri pemanas.

Dari hal diatas yang pernah saya sampai itu untuk kondisi cuaca agak panas, bila musim penghujan kita bisa menerapkan buka tutup tirai sesuai kondisi pada kandang ayam broiler.

Itulah pembahan kali ini yang bisa saya bagikan semoga bisa menerapkan pada kandang masing masing peternak tentang Penerapan buka tutup tirai ayam broiler.
.
.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pengembunan Untuk Cucak Ijo Kurang Ngentrok

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KANDANG OPEN DAN CLOSE AYAM BROILER

MENCARI SETINGAN KACER YANG PAS DAN TEPAT

Menjinakkan Kacer Giras Menjadi Jinak Cepat Bunyi

Pisang Kepok Putih Makanan Tepat Untuk Cucak Ijo

DMCA.com Protection Status